Semarak HUT Ke-28 Wanita Katolik Republik Indonesia DPC Santa Anna

Pelangi merona di cakrawala, menghiasi buwana mengiringi derap langkah Wanita Katolik RI  Dewan Pengurus Cabang Santa Anna. Dengan langkah tegap dan pasti, kini WKRI DPC SANTA ANNA genap berusia 28 tahun, tepatnya pada hari Jumat Legi, 28 Oktober 2016.

Usia 28 tahun  adalah usia muda yang energik, produktif, dan penuh kreatif, tetapi masih tetap harus banyak belajar agar mampu mengukir karya pelayanan dengan cerdas dan rendah hati bagi keluarga, gereja, dan masyarakat.

Tanggal lahir Wanita Katolik RI DPC Santa Anna  pun bertepatan dengan tanggal lahirnya Hari Sumpah Pemuda yang merupakan tonggak bersejarah bagi Bangsa Indonesia. Kala itu pemuda seluruh Indonesia  berikrar menyatukan persada nusantara, yaitu :

Bertanah air  satu tanah air Indonsia, berbangsa satu Bangsa Indonesia, dan menjunjung bahasa persatuan yaitu Bahasa Indonesia.

Semoga dengan semangat   persatuan Sumpah Pemuda, kami dimampukan untuk menjadi cahaya di manapun kami berada.

Ketua Wanita Katolik RI DPC Stanta Anna, Ch. Sugiyarti Waliman, didampingi oleh wakil, yaitu Caicilia Erlia, Veronica Okti Eka,  dan 32  pengurus lainnya menjalankan roda organisasi  berdasarkan AD/ART dengan  visi Wanita Katolik RI adalah organisasi  yang mandiri, bersifat sosial aktif, memiliki kekuatan moral dan kemampuan yang handal dalam menjalankan karya-karya pengabdian mewujudkan kesejahteraan bersama, serta menegakkan harkat dan martabat manusia. Kami berpedoman pada prinsip solidaritas dan subsidiaritas, berlandaskan ajaran sosial gereja dengan sikap saling ASIH-ASUH-ASAH.

Pada peringatan HUT Ke-28 WKRI DPC Santa Anna yang dikomandani bidang organisasi dengan ketua panitia  Mariana Niniek  E. S., kami mengangkat tema “MENINGKATKAN SIKAP BELARASA UNTUK MEWUJUDKAN PELAYANAN YANG BERMAKNA BAGI SESAMA”. Wujud rasa syukur, kami ungkapkan dalam bentuk kegiatan lomba menulis artikel dengan judul ‘Wanita Katolik RI Berpadudaya Mewujudkan Lingkungan  Hidup yang Nyaman”. Kegiatan ini bermaksud untuk menggali ide-ide Wanita Katolik   RI  dalam mendukung kelestarian lingkungan hidup.

Lomba ini diikuti oleh anggota WKRI dan umum sebanyak 10 peserta. Hasil lomba tersebut adalah sebagai berikut:

Juara I : Etty  Setiawati (nilai 361)

Juara II :Suster  Beatrix (nilai 339)

Juara III :Veronica Sumartini (nilai 332)

Juara Harapan I : Maria  Putuhena (nilai 330)

Juara Harapan II : Suster Dominika (nilai 303)

Juara Harapan III :  Chatarina Hovia (nilai 302)

Para juara diapresiasi dengan diberik piala, sertifikat, dan hadiah hiburan.

Kegiatan lain yang dilakukan adalah mengunjungi Tempat Penitipan Anak (TPA) di  Tangerang. TPA ini mengurus  sebanyak 75-100  anak yang dititipkan karena ibunya bekerja di pabrik. Kunjungan ini sebagai ungkapan rasa bela rasa kepada sesama yang perlu uluran kasih.

Kegiatan ketiga adalah mengunjungi  pendiri Wanita Katolik RI   DPC Santa Anna, Ibu Sutyarjo  yang kini sudah berusia 76 tahun dan tinggal di daerah Rawamangun. Kunjungan ini sebagai  ungkapan rasa  kekeluargaan yg berkesinambungan dan rasa terima kasih kepada pendahulu WKRI yang telah meletakkan pondasi kokoh keberadaan WKRI DPC Santa Anna.

Kegiatan keempat adalah dengan mengapresiasi pelaksanaan program ranting yang telah dicanangkan  dalam rapat anggota oleh masing-masing ranting. Kerjasama  yang sinergi  dengan pengurus cabang  juga  merupakan kriteria dari penilaian  ini. Berdasarkan  data dan kriteria tersebut, predikat ranting  terbaik adalah:

Ranting terbaik I, diraih oleh Ranting Malaka Sari 2 dengan Ketua Wilhelmina Suparmi.

Ranting terbaik II, diraih oleh  Ranting  Malaka Jaya dengan Ketua Bernadeth Nurani Zebua.

Ranting terbaik III, diraih oleh Ranting Pondok Kelapa 2 dengan Ketua  Veronica Okti Eka.

Kegiatan  puncak acara  adalah misa syukur di Gedung Yos Sudarso  dipimpin  oleh Pastor Yohanes Agus Setiyono, SJ yang dihadiri juga oleh Ketua Presidium Wanita Katolik RI DPD Jakarta, Ibu Skolastika Widharyanti, para suster, Wakil Ketua Dewan Paroki ST Anna, Ketua Kategorial, SKK, OMK, PDKK, DPC Santa Anna, dan Dewan Pengurus Ranting sewilayah kerja  WKRI DPC Santa Anna.

Setelah misa syukur selesai, acara dilanjutkan  dengan pemotongan tumpeng  oleh Pastor Yohanes Agus Setiyono, SJ didampingi  Ketua Presidium  WKRI RI DPD Jakarta, Ketua WKRI DPC Santa Anna, Wakil Ketua II, dan Ketua Panitia HUT Ke-28 WKRI DPC Santa Anna, serta Ketua Bidang Usaha.

Para tamu dihibur oleh penampilan ibu-ibu yang lucu-lucu bagaikan  Taman Kanak-kanak. Tawa ria menghiasi suasana ramah tamah. Ada yang menampilkan gerak dan lagu, ada yang bernyanyi, ada yang Gemu Famire, dan yang paling  kocak adalah enyak dan encingnya  ONDEL-ONDEL dari Ranting Pondok Kelapa 2.

Begitu meriah dan semarak Peringatan HUT Ke-28 WKRI DPC Santa Anna. Semoga menjadi motivasi dalam karya pelayanan kepada sesama.

Kehadiran tamu undangan  menghangatkan suasana, dekorasi ruangan yg indah oleh Seksi Perlengkapan didukung  oleh Ketua Lingkungan Gregorius Bapak Ignasius Sudiro. Desain piagam, sertifikat, dan  sampul buku misa oleh  Hesti Widyorini. Semua itu berkat  dan kasih Allah yang sungguh   luar biasa  dalam menyertai perjalanan  Wanita Katolik RI Dewan Pengurus Cabang Santa Anna.

DIRGAHAYU  WANITA KATOLIK RI DPC SANTA ANNA.

SEMOGA DIMAMPUKAN MENJADI PELANGI INDAH DALAM KARYA PELAYANAN & SEMAKIN MAJU.  TUHAN MEMBERKATI AMIN.

(CH.SUGIYARTI WALIMAN.ed)

Leave a Reply

You can use these XHTML tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>