Memacu Semangat Berkarya Para Lansia

 

DSCF9205

Tahun 2016 merupakan tahun istimewa bagi umat Katolik di seluruh dunia sebab tahun ini dicanangkan oleh Paus Fransiskus sebagai Tahun Kerahiman Allah. Dalam rangka perayaan Tahun Kerahiman Allah tersebut dan menyambut perayaan kemerdekaan Republik Indonesia ke-71, KAJ bekerja sama dengan Yayasan Pelita kasih menggelar Lomba Paduan Suara Adi Yuswo (lanjut usia).

Ide dasar perlombaan ini adalah meningkatkan silaturahmi antara umat lanjut usia (lansia) dan umat lain di paroki setempat serta menggali talenta para umat lanjut usia agar bisa lebih berperan dalam pelayanan di paroki mereka berada.

Di bawah bimbingan Ibu F. Triswoyo, umat lansia di Paroki Santa Anna yang tergerak untuk pelayanan dalam bernyanyi tidak tinggal diam. Mereka berkumpul dalam kelompok Paduan Suara Adiyuswo Duren Sawit. Kelompok ini berhasil menjadi sang bintang di perlombaan paduan suara lansia tingkat Dekanat Jakarta Timur pada tahun 2014, 2015, dan tahun ini 2016.

Bersama dengan kelompok paduan suara dari Paroki Cililitan sebagai juara kedua tingkat Dekanat Jakarta Timur, Paduan Suara Adiyuswo Duren Sawit maju ke Lomba Paduan Suara Adi Yuswo tingkat Keuskupan Agung Jakarta yang digelar di Aula SMP Santa Maria, Jakarta (Sabtu, 13/08/2016).

Berkumpul di gedung Yos Sudarso pada Pk 07.00 semua peserta dan pendukung  kelompok Paduan Suara Adiyuswo Duren Sawit mempersiapkan diri sebelum perlombaan. Setelah mendapat berkat dari pastor paroki, Pastor F.X. Widyatmaka, SJ seluruh rombongan berangkat bersama menuju Sekolah Santa Maria, Jakarta.

Perlombaan yang digelar oleh KAJ tahun ini berbeda dari penyelenggaraan 2 tahun sebelumnya. Pada 2 tahun sebelumnya, perlombaan diikuti oleh 8 pemenang juara 1 dari setiap dekanat. Namun tahun ini setiap dekanat diwakili oleh 2 paroki yang berhasil menang sebagai juara 1 dan juara 2 di babak penyisihan tingkat dekanat yang diadakan pada bulan Juli 2016. Bapak L. Putut Pudyantoro, Bapak Y. Totok Pujianto, dan Bapak Tony  didapuk sebagai dewan juri pada acara tersebut.

Berikut adalah data kelompok paduan suara adi yuswo yang mengikuti perlombaan di tingkat KAJ.

  1. Cililitan
  2. Duren Sawit
  3. Santa Maria Tangerang
  4. Meruya
  5. Kalvari
  6. Bojong Indah
  7. Galaxi
  8. Kampung Duri
  9. Kramat
  10. Slipi
  11. Paskalis
  12. Gregorius Tangerang
  13. Tebet
  14. Pasar Minggu
  15. Kelapa Gading
  16. Tanjung Priok

Uskup Agung Jakarta, Mgr. Ignasius Suharyo mengucapkan penghargaan atas hal luar biasa yang ditunjukkan oleh para peserta perlombaan yang semua sudah berusia lanjut terebut. “Saya itu sudah mendengar lagu Alusio barangkali sudah 500 kali, tapi tidak pernah hafal. Maka saya kagum sebab bapak ibu di sini bisa hapal lagu itu,” ungkap uskup penuh keheranan.

Menurut uskup, perayaan lomba ini sangat tepat dilaksanakan menjelang perayaan HUT RI sebagai salah satu upaya mengusahakan kesatuan umat di Keuskupan Agung Jakarta dan mengamalkan Pancasila. Tema yang dibuat oleh Panitia, yaitu “Semangat Berkarya Bagi Gereja dan Bangsa”  diharapkan sungguh memacu semangat berkarya para lansia.

Menjelang Pk 15.00, bagian yang sudah ditunggu-tunggu oleh semua peserta yaitu pemilihan pemenang perlombaan diumumkan. Hasilnya, Paduan Suara Adiyuswo Duren Sawit berhasil membawa piala Juara Harapan III dengan perolehan angka sebesar 750.

Lebih lengkap, posisi juara dalam Lomba Paduan Suara Adi Yuswo adalah sebagai berikut.

  • Juara I : Tebet
  • Juara II : Kelapa Gading
  • Juara III : Gregorius Tangerang
  • Juara Harapan I : Pasar Minggu
  • Juara Harapan II : Galaxi
  • Juaran Harapan III : Duren Sawit

Acara berlangsung dengan lancar. Semakin menambah keramaian acara ini, Mgr. Ignasius Suharyo turut berjoget di lagu Gemu Famire yang dipandu ole kelompok dance. Selain itu, kehadiran dua kelompok pemusik yaitu Kelompok Angklung dan Kelompok Kolintang Yakobus turut menambah kemeriahan acara ini. (vn.ed)

DSCF8951

DSCF8720

One Response to “Memacu Semangat Berkarya Para Lansia”

  1. profisiat untuk koor adiyuswo Duren Sawit ,pipmpinan Ibu Triswoyo

Leave a Reply

You can use these XHTML tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>