Kursus Persiapan Perkawinan (KPP) 2016

Selamat siang umat Paroki Duren Sawit….

Seksi Kerasulan Keluarga mengadakan Kursus Persiapan Perkawinan (KPP) yang merupakan salah satu syarat dokumen untuk pernikahan di Gereja Katolik.
Paroki Duren Sawit mengadakan kegiatan KPP ini 2 kali dalam setahun (Maret dan Desember).

KPP kali ini berlangsung pada hr Sabtu- Minggu, 3-4 Desember 2016 dan diikuti oleh 73 orang.
KPP dimulai tepat pukul 07.30 dan dibuka langsung oleh Ketua SKK Bpk. Bambang Prihantoro.

Materi KPP trdiri dari 7 materi yaitu: Hukum dan Moral Perkawinan Katolik, Komunikasi Suami-Istri, Panggilan untuk menjadi orangtua, Ekonomi Rumah Tangga, Seksualitas dalam Perkawinan, Administrasi dan Liturgi Perkawinan dan Spiritualitas Perkawinan.

1. Hukum dan Moral Perkawinan Katolik
Materi ini disampaikan oleh Rm FX. Widyatmaka,SJ yang telah menjalani 33 tahun Imamatnya. Kitab Suci dan Ajaran Gereja berprinsip bahwa Hidup kristiani itu berasal dari Allah dimana ada Kasih serta penalaran budi manusia. Sedangkan Moral Perkawinan memberikan pedoman mengenai apa yg hrs dilakukan supaya perkawinan benar-benar sesuai dg maksud Allah Sang Pencipta. Dan yg trpenting adalah tiap keluarga selalu memohon berkat Tuhan.

2. Komunikasi sangatlah penting dalam hubungan suami-istri. Pada sesi ini, Pasutri Bambang-Evi, yg telah menikah selama 18 tahun, mengajak peserta KPP bermain bersama dalam komunikasi verbal. Salah seorang dr peserta membacakan petunjuk yg dituangkan dalam gambar oleh peserta lainnya. Dari aktifitas tsb dan sharing dari Pasutri Bamby, dapat disimpulkan bahwa yg diperlukan dlm komunikasi adalah mendengarkan dan memahami. Tiap-tiap pasangan pun, baik suami maupun istri harus dapat bersikap rendah hati dan saling memaafkan, supaya semakin terciptanya keharmonisan dalam keluarga.

3. Panggilan untuk menjadi orang tua tidaklah mudah seperti apa yg dibayangkan. Pasutri Dasuki-Vicky, yg telah dikaruniai 2 anak dan 4 cucu ini menjelaskan bahwa kita sebagai orang tua harus mampu seiring sekata dengan pasangan dalam mendidik anak. Gunakan KASIH dalam menerapkan pendidikan iman kepada anak. Terlebih di saat perkembangan jaman sekarang ini, peran orang tua wajib memberikan perhatian yg ekstra karena orangtua adalah model (panutan),sahabat dan guru bagi anak-anaknya.

Hari pertama KPP ini ditutup pada pukul 14.00 dan akan dilanjutkan esok hari dengan 4 materi lainnya.

Mari kita terus belajar dalam membangun keharmonisan keluarga…Amiieeen…Berkah Dalem Gusti. (Maria R)

whatsapp-image-2016-12-03-at-6-35-34-pm-1

whatsapp-image-2016-12-03-at-6-35-33-pm-1

whatsapp-image-2016-12-03-at-6-35-30-pm-1

Leave a Reply

You can use these XHTML tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>