Di mana bisa belajar Katolik?

Salam Romo,
Saya seorang Protestan, beberapa kali saya berdoa di tempat umat katolik berdoa dan saya merasakan ketenangan dalam berdoa, yang hasilnya saya merasa menemukan “sesuatu”.
Romo, apakah ini saatnya untuk saya berpindah ke katolik? Saya mulai mempelajari katolik, mulai dari baptisan, doa, perjamuan kudus-nya, dll. Dan saya mulai belajar berdoa rosario (apakah boleh/diijinkan seorang protestan berdoa menggunakan rosario).
Saya tidak tahu dimana saya bisa mendapatkan bimbingan. Saya mohon bimbingan dan saran dari Romo.

Terima Kasih
Cahyo
==========
Anda bisa mencari Gereja Katolik terdekat dari tempat tinggal anda. Gereja Katolik dimana-mana sama. Tanyakan ke sekretariat paroki mengenai kursus katekumenat di paroki tersebut. Selamat mencoba.
Sudrijanta

91 Responses to “Di mana bisa belajar Katolik?”

  1. Pak Cahyo,

    Setahu saya, jika gereja Anda sebelumnya masuk dalam PGI, maka Anda tidak perlu dibaptis lagi, tetapi hanya diterima dalamgereja Katolik. Tentu saja untuk itu Anda perlu terlebih dahulu mengikuti pelajaran agama Katholik (menjadi katekumen). ANda bisa menghubungi Imam, atau Katekis di Gereja katholik tempat Anda biasa mengikuti Ibadat.

    Soal berdoa menggunakan Rosario, bagi saya pribadi tidak masalah. Menurut saya, Rosario itu hanya alat bantu penghitung doa – seperti tasbih bagi saudara yang muslim. toh, kita juga bisa menggunakan jari kaki, dan jari tangan untuk menghitung doa kita, kan? Bahkan, ayah saya sering berdoa rosario dengan menggunakan tasbih (punya saudara yang muslim).

    Berdoa, bagi saya itu berdialog. berdoa rosario, itu adalah devosi. ‘Devosi’ berasal dari kata Latin “Devotio” yang berarti kebaktian, pengorbanan, penyerahan, sumpah, kesalehan, cinta bakti.
    Devosi selalu menunjuk pada sikap hati di mana seorang mengarahkan diri kepada seseorang atau sesuatu yang dijunjung tinggi dan dicintai. Dalam tradisi Kristen, devosi dipahami sebagai bentuk penghayatan dan pengungkapan iman Kristiani di luar liturgi resmi.Devosi merupakan praktek pengungkapan iman umat yang spontan dan lebih bebas. Devosi dapat dibawakan secara pribadi atau pun bersama. (http://yesaya.indocell.net/id388.htm).
    Jadi, Apakah devosi kepada bunda maria itu hanya “miliknya” orang katolik? saya rasa tidak. Ekstrimnya, seorang muslim sekalipun, yang karena ingin menghormati Siti Maryam, lalu berdevosi kepada Siti Maryam dengan menggumankan doa rosario
    pun menurut saya sah-sah saja.

    Mungkin itu penjelasan dari saya dengan menggunakan kacamata iman saya pribadi yang mendalami iman katolik selama hidup saya hingga saya mati kelak.

    HEVENU SHALOM ALEICHEM

  2. Mas Cahyo, Romo benar, gereja dimana-mana sama, ada kolekte-nya. Ah, beli panini dulu, ah…

    Aw.Rusa.NA
    Aw: Awam
    NA: Nada Asmara

    :)

  3. saya tinggal di malang jatim,saya ingin masuk agama katholik,bagaimana caranya?mengingat di lingkungan saya tidak ada yang beragama katholik.tolong saya,saya benar benar berniat masuk katholik.terima kasih.

  4. Mbak Nelly yang kece,

    Masuk saja mbak. Romo-nya muda-muda dan nggantheng-nggantheng, itu ‘kan ada fotonya. Syaratnya sederhana, belajar dulu masak rica-rica. :)

    Eniwei, pak petugas kolekte, maaf… kolektenya sudah terlanjur dikemasi belum? Boleh minta kembalian nggak? Soalnya Mbah Darmo ngambek, harga sembako naik, harga-harga di warungnya dinaikkan semua. ‘Prepare’ ramadhan katanya! Wuih, elok, Mbah Darmo sudah tahu banyak ‘vocab inggris’. Biar global katanya.

    Ta’ minta sedikit kembalian kolekte gak apa-apa, ya. Sudah banyak yang lain sodaqoh buat gereja, tho? Gereja sudah bagus, kok. :)

    Makasih, ya… :)

  5. Mbak Nelly yang penuh kedamaian,

    Syarat di atas itu tadi hanya bumbu-bumbu kedekatan saja.
    Maaf ,ya. Itu melanjutkan cerita saya dengan pak petugas kolekte, dan ke warung Mbah Darmo. :)

    Syaratnya masuk Katolik nanti akan dijelaskan rekan-rekan lain disini, dengan lebih bijak. Atau bisa mencari paroki-paroki terdekat di tempat anda, bukan begitu ya.

    Tuhan beserta anda. Syalom.

  6. 1. cari tahu pengurus lingkungan Katolik di tempat tinggalmu.. Paroki Gereja Katolik membagi teritori menjadi wilayah dan lingkungan. Kamu bisa cari tahu ini dari info Paroki di daerahmu. Kamu datang ke sana dan menyatakan niatmu. Pasti dibantu. Kalo pengurus lingkungan nggak bantu (kadang ada pengurus lingkungan yang cuek, atau bahkan aneh), jangan putus asa. Datang ke pengurus wilayah. Kalo ada pengurus wilayah yang juga nggak kooperatif, kembali ke paroki dan ceritakan keinginan dan apa yang sudah kamu lakukan. Romo paroki pasti membantu. intinya adalah saat kamu menemui halangan menjadi seorang Katolik, itu berarti niat kamu sedang diuji. Jika niatmu sungguh kuat, maka kamu akan terus berusaha untuk masuk ke dalam Gereja-Nya yang satu, kudus, Katolik dan apostolik.

    May God bless your steps..

  7. Mbak Nelly yang segalanya,

    Kalau pas mau ndaftar ketemu koster di stasi atau paroki terdekat, tolong katakan agar punya senyum, ya. Biar hidup sederhana tapi bahagia. :)

    Titip pesan juga buat para koster agar berani nolak kalau istri lagi capek tapi diminta masak rica-rica. Saya percaya nasibnya tetap akan diperhatikan, ya. :)

    Nanti akan diselenggarakan konferensi masak rica-rica bagi para istri-istri koster sedunia di Nairobi. :)

    Dah dulu, ya. Saya ta’dolan ke warung mbah Darmo lagi, sekedar pingin ngobrol aja, mumpung dia baru pulang dari mushola.

    Tuhan beserta anda, always… deh.

  8. Nelly,

    Di kota Malang juga ada gereja Katolik, gak perlu ke gereja Kristus Raja di Surabaya.
    Kalau ingin masuk agama Katolik gak perlu ngelirik Romo’nya tua atau muda ganteng atau nggak, dia tetap wakil Tuhan di dunia.

    Konferensi memasak itu juri’nya rusa mendamba yang sedang lapar ingin makan masakan rica-rica?

    Semoga Tuhan memberi kemudahan kepada anda Nelly.

    Salam,

  9. Kalau baca komentarnya “rusa” kok terasa tidak nyambung ya, mungkin perlu ada saringan berkaitan dengan sopan-santun konsultasi agar tidak mengarah ke bidang yang bukan konsultasi.
    Mungkin sekedar catatan dari pemahaman saya tentang masuk agama katolik di wilayah Jakarta, pertama-tama orang yang berminat masuk katolik harus bersedia belajar agama katolik dulu selama sekitar 1 (satu) tahun. Kalau merasa cocok ya lanjut untuk dibabtis, kalau tidak cocok ya good bye, dan ini ada dasarnya dari al Kitab bahwa Yesus tidak pernah menyuruh orang yang tidak beragama Yahudi namun percaya kepada Yesus untuk masuk agama Yahudi (ref.Luk.7:9).
    Menurut hemat saya, orang-orang katolik diharapkan mampu bersikap dewasa dalam iman, sehingga kalau sebelumnya menghayati agama bukan katolik dan berniat menjadi katolik, perlu mengetahui persamaan maupun perbedaan yang ada, sehingga dalam memutuskan untuk menjadi katolik sungguh2 obyektif tidak sekedar ikut-ikutan saja. Pemahaman tentang iman katolik juga tidak bisa “dikuasai” hanya dalam satu periode pembelajaran saja, melainkan tetap perlu diperdalam selama perjalanan hidup ini.
    Kalau ada umat katolik yang dalam kehidupan sehari-harinya jauh dari menjadi teladan yang baik bagi orang lain, ini tidak berarti bahwa ajaran agama katoliknya yang tidak baik. Hal-hal seperti ini harus kita sadari, sehingga tidak terjerumus ke dalam pola pikir yang picik dan sempit atau bahkan menjadi problem maker.
    Akhirnya, bagi sdri. Nelly, semoga pencarian Anda berhasil menemukan apa yang seharusnya Anda temukan. Allah Roh Kudus akan menerangi akal budi Anda. Amin.

  10. @ Yohanes PR

    salam kenal bro, dulu sih ada semacam ‘saringan’ di web ini, awating moderation system, tapi skrg udh ga dipake lagi, jd yah gitu deh.
    selamat bergabung di situs ini, anda akan menemukan beragam warna pribadi2 yg antik di sini.

  11. Gereja Katolik adalah Gereja yang bersifat universal, tolong deh jelaskan hal ini Romo,saya masih agak kurang sedikit rada-rada ngk ngerti gitu lho….syalom aleihim.

  12. pagi romo….saya seorang muslim?saya tertarik pada katholik udh 2 thn lalu..Tuhan selalu tunjukan jalan aku bertemu dan kenal ma org2 kristen,,baru thn kemarin saya di temukan jodoh saya yg beragama katholik,,qita menikah secara islam,saya udh ogn bgt belajar katholik,,saya udh coba dtng ke gereja santo luksa dan gereja don bosco tapi nunggu thn ajaran berikutnya yaitu thn depan,,dimana ya saya bisa belajar katholik karena saya udh nungggu itu selama 2 thn lebih..

  13. Lia yg muslimat,
    waaah nunggu 2th lebih ?????
    Cari romo siapa saja sekarang juga &
    utarakan niat mo belajar.

    Saya dulu juga mengambil jalan pintas seperti itu,
    belajar dari Romo (Org Belanda) yg sangat perhatian
    dgn kondisi saya yg mo cepaaaaat start (tapi ikutin pacenya Romo,tentu)!

    If there’s a will,there’s a way !
    Good luck

  14. Tuhan justru menunggumu selama 2 tahun untuk menjawab panggilan-Nya.. sampai berapa lama Ia harus menunggu ? :)

  15. Gak usahlah, mbak Lia. Ngapain? Islam anda itu terus aja ‘disetubuhin’.

    Wong, Yesus dan Kanjeng Nabi Muhammad tuh sekarang lagi jalan-jalan sambil geleng-geleng bareng di luar Star buck, Carrefour, etc. Ngeliatin orang-orang yang cuma beli ‘citra’.

    ;)

  16. Rusa… kamu ini seorang Katolik atau bukan ? jika tidak bisa memberi masukan yang baik layaknya seorang Katolik, lebih baik tidak usah berkomentar. Komentar-mu yang tidak lucu itu sama sekali tidak menunjukkan diri kamu seorang Katolik.

    Sayangnya pengawasan di sini sangat lemah, kelak rubrik ini akan semakin dipenuhi sampah seperti yang dituliskan Rusa..menyedihkan website St. Anna ini..

  17. memilih menjadi katolik itu mudah, yang tidak mudah itu adalah mempertahan kan kekatolikan yang sudah dipilih…
    dalam kekatolikan: jika sudah dibaptis maka baptisan itu melekat selama-lamanya, tidak terhapuskan. oleh karena itu, jika memang sudah terpanggil silahkan hubungi gereja katolik terdekat. Tanyakan pada Pastor/Imam disana. dan mulailah belajar menjadi katolik melalui tingkah laku. Jangan Lupa SERING-SERINGLAH berkumpul dengan orang KATOLIK terdekat(lingkungan/kring) sebab kalo tidak maka iman katolik yang sedang anda bengun akan kering… dan akhirnya mati…

    selamat berjuang

  18. Jadi Katolik itu tidak dengan terpaksa, tanyalah hati anda dulu melalui renungan yang dalam apakah anda memang benar-benar melalui sentuhan Tuhan dan bukan karena terpaksa atau tertarik dengan firgurnya seseorang yang katolik lalu mau jadi Katolik.Soal lamanya anda mengembara untuk menjadi katolik itu merupakan suatu proses, tetapi selama dalam proses itu anda memang mempunyai kerinduan yang sangat dalam ingin jadi pengikut Yesus, selama itu juga anda harus tahu bahwa Yesus sudah ada bersama anda. Jadi KATOLIK, tetapi tidak mencerminkan Katolik dalam sikap hidup sehari-hari adalah seperti pohon kering tanpa buah dan akhirnya ,,,,,Mateee dech.Selamat anda sedang ditunggu oleh Yesus untuk jadi Umatnya,…selamat bersinar dan berbuah…..God Bless You.

  19. ya makasih romo…tapi dimana tempat nya..gereja mana yang langsung bisa tanpa harus nunggu thn berikutnya?saya ma suami tinggal dijakarta utara…suami saya udh pernah menikah katholik..thn 97 mereka pisah th 1999..mantan istrinya pindah lagi ke islam..maka dari itu saya menika secara islam?/karena suami saya udh nikan gereja??sulit tidak untuk urus pembatalan pernikahannya
    ?/yang saya bingkungakan gimana nanti kalo saya hamil..udh melahirkan anak saya ga bisa langsung di baptis..harus nunggu anak saya berumur 6/7 th?/kasian anak saya kan??gmn solusinya???sebelumnya maksih banyak bgt ya

  20. @ sdr. johan: mmmm…menjadi katolik khan tidak harus menjadi makhluk ideal…atau makhluk suci ataupun makhluk yang serius buanget khan…hidup itu terkadang butuh intermezzo agar lebih berwarna dan kaya rasa (^_^)

    mendengar bahwa akan ada saudara yang ingin menjadi katolik merupakan kabar yang menggembirakan akan tetapi bukanlah lebih baik jika kita yang saat ini menjadi katolik menggiring saudara tersebut untuk mengenali gerak batinnya itu apakah gerak batin itu murni membawa dia menjadi katolik atau malah ada gerak lainnya yang terkadang hanyalah sekedar emosi sesaat…

    @ sdri. lia: secara tulus, saya gembira membaca keinginanmu untuk menjadi katolik…akan tetapi mohon sdri selami lebih dalam apakah keinginan ini semata hanya ketertarikan saja ataukah benar2 panggilan dariNYA kepadamu untuk menjadi katolik…barangkali seorang pastur pendamping akan dapat membantumu menemukan jawaban ini…selamat berproses yach dalam KasihNYA

    Salam,
    V

  21. Imamat 19:1-2
    “Tuhan berfirman kepada Musa: Berbicaralah kepada segenap jemaah Israel dan katakan kepada mereka : Kuduslah kamu, sebab Aku, TUHAN, Allahmu, kudus.

    Efesus 5:3-4
    Tetapi percabulan dan rupa-rupa kecemaran atau keserakahan disebut saja pun jangan di antara kamu, sebagaimana sepatutnya bagi orang-orang kudus. Demikian juga perkataan yang kotor, yang kosong atau yang sembrono – karena hal-hal ini tidak pantas – tetapi sebaliknya, ucapkanlah syukur.

    2Tim 2: 16
    Tetapi hindarilah omongan yang kosong dan yang tak suci yang hanya menambah kefasikan.

    Anak Tuhan memang seharusnya menjadi makhluk yang suci, karena Bapa-nya suci. Sama sekali bukan hal yang mudah, tetapi sangat mungkin untuk diupayakan, karena Roh Kudus akan menyertai kita.

    Sekadar intermezzo tentunya harus dibedakan dengan suatu penyimpangan terhadap ajaran yang sehat, dalam hal ini ajaran Tuhan sendiri melalui Gereja-nya.

    1Korintus 10: 23
    “Segala sesuatu diperbolehkan.”
    …Benar, tetapi bukan segala sesuatu berguna.
    “Segala sesuatu diperbolehkan.”
    …Benar, tetapi bukan segala sesuatu membangun.

  22. Dalam pembelajaran 1th itu apa saja yg d plajari?
    Apa g klamaan harus sampe 1th?

  23. Salam Romo, saya pernah ikut gereja Reformis dalam gereja ini banyak hal yang dipertentangkan dengan sudut pandang teologia keimanan Katolik. Saya ingin tahu tanggapan Romo tentang Gereja ini dan sejarah awal gereja tersebut yang memfilosofi ajaran Calvinisme (notabene dulunya seorang pastor). Karena ada beberapa teman yang dulunya Katolik dan dibesarkan dikeluarga katolik yang cukup saklak sudah berpindah ke gereja tersebut.

  24. Sdr. Richard, memang kelihatannya untuk belajar agama Katolik selama 1 tahun terasa lama, tetapi sebetulnya belajar 1 tahun itu masih kurang, sehingga perlu selalu diperdalam sepanjang perjalanan hidup ini.
    Banyak orang Katolik yang mengira bahwa kalau sudah di baptis sudah tidak perlu belajar agama lagi, dan hasilnya ya pindah ke kelompok lain. Dianggap seperti ganti baju saja.
    Idealnya, pelajaran sebaiknya disampaikan berpusat pada 4 hal pokok, yaitu :
    1.Pengakuan Iman – Syahadat Iman : disini bertitik tolak dari Warisan Iman Kita, yaitu Kitab Suci Perjanjian Lama (sejarah keselamatan), Perjanjian Baru (Kerajaan Allah)
    2.Perayaan Iman : disini dibicarakan tentang Gereja sejarah, sifat-sifat dan tugas Gereja, yang antara lain mencakup : Liturgi, Misteri Paskah dalam Sakramen-sakramen.
    3.Kehidupan Iman : disini dibicarakan tentang hidup bermasyarakat sebagai umat Katolik, yang antara lain mencakup : Kebebasan Moral Dosa Rahmat 10 Perintah Allah
    4.Doa kaum beriman : diperkenalkan dengan bermacam-macam bentuk doa kehidupan doa dan doa Bapa Kami.
    Dalam waktu 1 tahun tidak akan bisa menyelesaikan ke-4 materi itu, apalagi kalau disertai latihan praktek : mencari / menafsirkan perikop dalam Kitab Suci ; latihan ibadat sabda ; diskusi tentang topik no. 3 ; juga latihan doa dll.
    Seseorang yang sungguh-sungguh berniat menjadi Katolik, soal lamanya waktu mestinya tidak menjadi masalah, karena justru hal itu akan menjadi batu uji kesungguhannya.
    Dalam kasus-kasus tertentu kebijakan lain tetap bisa diberlakukan dengan pertimbangan tertentu.
    Semoga penjelasan ini dapat menimbulkan keinginan untuk lebih mengetahui tentang seluk-beluk agama Katolik secara mendalam, dan bukan sebaliknya. GBU

  25. aq bingung…aq mencintai laki-laki yang beragama katholik.
    sedangkan aq muslim… dan dia minta kita nikah seara gereja.
    teman-teman tolong bantu aq.. makasih

  26. Hallo mbak Sekar,
    salam kenal.

    Bagi muslimah ada 2 opsi untuk menikah di gereja Katolik.
    1. Mbak tetap muslimah. Dalam hal ini calon suami mbak harus mengurus izin dispensasi. Proses cukup panjang dan dibicarakan dengan romo di paroki calon suami. Hanya saja dari sudut hukum Islam, mbak akan disebut berzina karena kawin dengan lelaki bukan muslim. Apakah mbak mampu menjalani cara ini?

    2. Bila Mbak masuk jadi Katolik, tentu mbak tidak zina dengan suami. Pertanyaannya, apakah mbak sungguh percaya bahwa Yesus adalah Tuhan penyelamat mbak. Bila mbak tidak percaya, lebih baik jangan. Jangan pernah pindah agama hanya karena ingin menikah.

    Silakan berpikir dulu mengenai 2 opsi ini dan yakinkan diri mana yang akan diambil. Bila tidak dapat menjalani ke 2 cara ini, ya mungkin sebaiknya mbak pikir ulang apakah lelaki itu adalah memang jodoh mbak. Jangan sampai kecewa di kemudian hari, mbak.

    Salam berkat Tuhan, rin

  27. Sekar,
    Silahkan menghubungi Pastor Paroki dari gereja Katolik yang dekat dengan tempat kamu tinggal, dari beliau biasanya akan diberikan penjelasan yang memadai sehubungan dengan keinginan kamu itu. Semoga sesuai dengan yang kamu harapkan.
    Salam.

  28. @Sekar… Gereja Katolik masih mengijinkan pernikahan beda agama dengan dispensasi dari uskup. Artinya kamu boleh tetap pada agamamu walaupun pernikahannya dikukuhkan di dalam GK.

    Seorang Katolik tidak diperkenankan mengukuhkan pernikahannya dengan pengukuhan lain, baik sebelum atau sesudah pengukuhan GK tersebut.

    Seorang Katolik harus berjanji untuk menjauhkan iman-nya dari bahaya dan dengan se-maksimal mungkin membawa anak-anak ke dalam GK.

    @Sekar.. dalam agama Islam, seorang muslim dilarang menikah dengan pria beda agama..

    Jadi saran saya, jika engkau mencintainya, lakukan jalan keluar terbaik untuknya yang bisa ia lakukan. Jika Engkau belum menjawab panggilan Allah untuk bersatu dalam pelukan Gereja-Nya yang kudus, Katolik dan Apostolik, setidaknya menikahlah hanya di dalam naungan-Nya, dan semoga kelak, seiring berjalannya waktu, kamu menjawab panggilanmu itu di dalam ikatan pernikahan dan keluarga yang diberkati oleh-Nya. Saya percaya, Allah tidak akan berhenti untuk memanggil umat yang Ia cintai masuk di dalam kerajaan-Nya.

    May God bless your steps..

  29. Yup…
    intinya anda juga harus kuat mbak sekar…
    Kalau anda kuat, anda pasti bisa menguatkan…
    Tambah rajin ke gereja, kalau perlu ikut yang harian juga..
    aktif di pelayanan..
    biar pasangan anda tahu, kalau anda bisa membuatnya lebih dekat dengan Tuhan dan hidup rohaninya pun menjadi lebih baik juga…
    n jangan lupa…Bawa doa..

    JBU

  30. salam..

    saya seorang muslim berasal dari keluarga muslim tradisional
    sejak 5 thaun yg lalu saya menjalin hubungan dengan wanita katholik taat
    sejak memutuskan buat pacaran, kami sudah berpikir serius untuk bisa menikah dan berusaha mencari jalan untuk menyelesaikan perbedaan keyakinan kami, cuma pada waktu itu saya janji kalau harus ada yg mengalah biar saya yg pindah keyakinan
    berjalannya waktu kami semakin merasakan kecocokan walupun belum menemukan solusi buat masalah kami dan yg kami lakukan adalah saling mendukung dalam beribadah walaupun mungkin hanya dengan ngantar dan nungguin dia kalu sedang ada misa ( tapi sering juga saya ikut misa…he….ma’af)

    sampai akhirnya saat yg sudah kami perkirakan tiba, orang tua dia minta akami segera menikah, dan sesuai janji saya ..dengan penuh keikhlasan saya sanggupi buat belajar agama katholik sampai saya yakin baru nikah

    saya butuh saran harus kemana karena tidak mungkin saya nyari info di sekitar saya karena orangtua dan semua keluarga saya pasti menentang

    tekad saya sudah bulat buat belajar katholik, mungkin awalnya karena saya pengen segera menikah, tapi saya yakin dengan berjalannya waktu dan makin banyak saya tahu dan tentu saja dengan bimbingan yg benar tentang kahtolik pasti saya akan bisa meyakini

    demikian permasalahn saya, mohon sarannya

    kind regards

  31. ke paroki di mana pacar kamu berdomisili atau paroki terdekat, bahkan secara online pun bisa, tetapi memang referensi dalam bahasa Indonesia masih sedikit.. jika mau bisa saja berdiskusi di website ini, tetapi medianya terbatas.. atau bisa juga ke forum diskusi Katolik seperti di http://www.ekaristi.org/forum.. moderator dan member-member di sana bisa membantu apa yang ingin kamu tanyakan tentang iman KAtolik..

    Saya sedikit sarankan… motivasi kamu mungkin awalnya adalah menikahi pacarmu yang Katolik.. tetapi iman adalah panggilan. Itu sebabnya, sebaiknya kamu menemukan panggilan ini dalam diri kamu. Pelajari iman Katolik dengan sungguh-sungguh, tanyakan apa saja yang ada di otakmu, untuk meyakinkan diri bahwa agama Katolik adalah pilihanmu bukan sekedar pilihan pacarku. semoga saja kamu bisa jatuh cinta dan menjadi Katolik atas keinginanmu sendiri.

    Mengenai keluarga, jika sungguh-sungguh ingin menikah dengan pacarmu, bukankah mereka akan tahu juga bukan ? ini hanya masalah waktu. Jadi sebaiknya kamu pertimbangkan juga untuk memberitahu keluargamu tentang rencanamu, supaya kamu tahu sikap dan reaksi mereka terhadap keputusanmu itu, dan juga supaya kamu sendiri tahu apakah kamu sudah mantap melangkah menikah dengan seorang Katolik dan bahkan menjadi Katolik, walaupun seluruh keluargamu telah menyatakan menolak dan menentang pernikahanmu dengannya [bahkan bisa lebih buruk lagi, dengan pengusiran atau menganggap dirimu bukan lagi bagian dari keluarga karena murtad dari agama]
    Selamat berjuang…

    May God bless your steps..

  32. Yth. Pak Santoso,

    Di Gereja mana biasanya Bapak ikut Misa? Silakan datang saja ke Pastor dan bicarakan niat bapak. Beliau pasti membantu.

    Salam berkat Tuhan, rin

  33. saya seorang muslim di padang…

    saya ingin mempelajari katolik lebih dalam,tp saya sarang ini belum tau sama sekali dan belum memahami katolik….
    kepada siapa saya harus mencari org yg bs menuntun saya….?

  34. @Ade, boleh saya tahu alasan mempelajari iman KAtolik ?

    coba saja datangi Paroki St. Fransiskus Xaverius, Dumai atau
    Paroki Santa Maria, Kampung Batu..

    May God bless your steps..

  35. salam…

    Romo saya mau tanya, apakah sepasang suami istri yg baru saja memeluk katolik perlu berganti surat nikahnya? Karena dulu mereka nikahnya di KUA, kalau iya bagaimana cara pengurusannya. Terima kasih Tuhan memberkati

  36. Romo, saya seorang muslim bbrp waktu kmrn saya mendapat mimpi dimana dlm mimpi saya ada penampakan seorang wanita menyerupai patung bunda maria yg pnh sya liat di gereja.Bersinar terang sekali .. sejak itu saya mulai mencari tau dan terus mencari tau ttg bunda maria & katolik .saya mendapatkan ketenangan saat mengikuti misa di gereja dan juga saat mencoba membaca & mempelajari doa rosario.Apakah ini panggilan Tuhan untuk saya mengimani katolk ?

    Mohon pencerahannya Romo,
    Salam,

  37. Saya tidak tahu arti mimpimu, Putri.. Namun saya pribadi percaya Allah punya cara yang istimewa untuk memanggil anak-anak-Nya termasuk kamu.

    apakah mimpi dan ketenangan yang kamu dapatkan sudah cukup menjadi alasan untukmu menjadi KAtolik ?
    saya pikir, belum :)
    kamu harus percaya untuk menjadi seorang Katolik. :)

    May God bless your steps and give you light to bring you to find the way, the truth and the life.

  38. Teman -teman yg terkasih . Beragama sesungguhnya menurut saya adalah mendapatkan sarana yg tepat agar kita bisa berkomunikasi dgn tenang dan akrab dgn sang pemilik hidup kita ini. Jadi menjadi katolik juga demikian. Ritual agama katolik yg tenang dan kusuk adalah tanda kita sedang berdoa. Jika berdoa dgn alat yg terlalu ribut pikiran kita lebih condong mengarahkan diri kita pada alat / benda mati yang memuaskan daging kita saja. Jadi bila masuk katolik untuk menemukan jalan yang mengagung Yesus kristus adalah baik. Namun motivasinya jangan cepat berubah. Hidup itu sebuah pilihan. Dan Tuhan memberikan akal budi agar kita memilih, termasuk memilih jalan menuju surga. Pada agama yang tepat.terima kasih.

  39. saya seorang kristen protestan yang sudah dibaptis dan sidi dewassa,dan saya sangat ingin masuk katolik, saya banyak mendengar kalau masuk katolik dari kristen protestan yg gerejanya sah terdaftar di PGI tidak sulit, apakah ada yang mengetahui di paroki mana saya bisa mendaftar katekis dalam jangka waktu yang singkat (3 bulan)

  40. saya seorang Protestan, yang karena beberapa faktor dari jemaat di Gereja saya kurang mencerminkan cara hidup sebagai orang Kristen, terlebih Ayah saya yang tidak memiliki kasih terhadap anaknya, suka memaksakan kehendaknya membuat saya seperti boneka karena harus mengikuti kemauannya, jika dia melarang untuk ibadah, saya tidak bisa mengikuti ibadah ataupun kegiatan keagamaan, tapi setelah bertemu seseorang yang kini menjadi pacar saya, dia mengajak saya mengikuti ibadah Katholik… hati saya seakan menemukan jiwa rohani yang baru, terasa sejuk tanpa keterpaksaan, dan itu membuat saya ingin menjadi seorang Katholik.Hubungan saya sudah hampir 3 tahun dengan pacar saya, tapi sejak SD & SMP saya selalu di sekolah Katholik.
    Pertanyaan saya apakah saya tetap harus belajar selama 1 tahun dan apakah saya harus menggunakan nama baptis, secara saya sudah dibaptis secara Protestan???

  41. Sebelumnya saya sampaikan terima kasih atas tanggapannya…
    Tuhan Yesus memberkati…

  42. ROMO SAYA SEORANG MUSLIM ASAL PADANG…
    SEKARANG SAYA SEDANG KULIAH DI UKSW SALATIGA
    SETELAH SAYA BERADA D SALATIGA SAYA SERING MENGIKUTI DAN MEMPELAJARI KRISTEN TERUTAMA KATHOLIK,DAN SAYA MENEMUKAN SUATAU KETENANGAN DAN KEDAMAIAN JIWA DALAM AJARAN SANG JURU SELAMAT..
    APALAGI SETELAH SAYA MENEMUKAN CALON ISTRI SAYA YG JUGA BERAGAMA KATHOLIK
    SAYA MENJADI SANGAT YAKIN INI PANGGILAN TUHAN TERHADAP SAYA
    JADI BAGAIMANA SAYA DAPAT MEMPELAJARI DAN BELAJAR UNTUK BISA MENJADI SEORANG KATHOLIK PENGIKUT YESUS..
    APA YG HARUS SAYA LAKUKAN UNTUK BELAJAR..
    TERIMA KASIH ROMO

  43. Kalau ingin menjadi katholik karena pacar dan tidak ada faktor lain yang menjadi pendorong, sebetulnya hal semacam ini cukup rawan untuk tidak setia kepada gereja Katholik, karena kalau cinta mulai luntur, hal-hal yang sebaliknya akan bermunculan. Namun bisa juga bahwa memang panggilan Allah memang harus melalui peristiwa semacam ini, sehingga dengan kesungguhan dan ketekunan yang pantang menyerah pasti Indri akan menjadi murid Kristus yang unggul dalam gereja Katholik.
    Mengenai apakah harus belajar selama 1 tahun, hal ini perlu ditinjau dengan seksama karena pelajaran di sekolah sifatnya ‘wajib’ sesuai dengan kurikulum yang ditetapkan untuk jenjang sekolah, dan lebih bersifat pengetahuan daripada penghayatan.
    Dibandingkan dengan agama Kristen Protestan, memang yang kita imani adalah sama, yaitu Allah Bapa melalui Tuhan kita Yesus Kristus, tetapi ada beberapa perbedaan yang cukup significant untuk diketahui dan dipahami. Kalau pengetahuan dan pemahamannya sudah memadai, mestinya pelajarannya tidak perlu 1 tahun.
    (Tetapi kenapa resah dengan pelajaran yang 1 tahun itu? Apabila ada keinginan dan kesungguhan untuk mengerti dan memahami agama Katholik, maka soal waktu adalah nomor 2 karena semakin mengerti dan paham akan semakin menyejukkan dan membahagiakan).
    Mengenai menggunakan nama baptis, hal ini adalah tradisi dalam gereja Katholik dimana santo atau santa yang namanya digunakan dianggap sebagai pribadi yang kehidupan rohaninya pantas diteladani atau diidolakan, dan menjadi pendoa bagi kita di hadapan Allah.
    Sedangkan baptisan dari gereja Protestan yang rumusan pokoknya sama dengan rumusan baptisan gereja Katolik, baptisan itu dianggap sah, dan di gereja Katholik hanya dilakukan upacara penerimaan secara resmi saja.
    Untuk langkah selanjutnya silahkan Indri menghubungi sekretariat atau pastor paroki yang dekat dengan dimana Indri tinggal.
    Semoga Tuhan memberkati langkah yang Indri lakukan sehingga memberikan hasil sebagaimana diharapkan.
    Gbu.

  44. Romo,saya selama ini di dalam kegelapan dan dari teman saya yang mengajak saya ke gereja katolik di Tanjung Karang Lampung ketika dulu saya mendapat ketenangan yang tak bisa saya ucapkan dengan kata2.Tapi kini saya di dalam musibah.saya telah di ajak sama teman yang sama ke dumai ngan iming2 di beri pekerjaan tapi saya di biarkan terlantar selama dua hari ini.Saya kini tiada uang sama sekali dan saya lapar dan haus.Yang ingin saya tanya adalah bisakah Gereja St.Fransiskus Xaverius di Dumai membantu saya dari segi dana tuk saya pulang ke Lampung?I swear upon Jesus Christ I’m not lying,I’m only telling the truth.Please help me to go back to my family.Thank You.

  45. @Zainal mengapa kamu tidak berpikir untuk meminta pekerjaan di Gereja Katolik di sana untuk bisa kembali ? jauh lebih baik daripada meminta uang.

    Yang menarik adalah, Jika tidak ada uang sama sekali, bagaimana anda bisa mengakses internet dan hidup hingga hari ini ketika anda membaca jawaban saya ini ?
    jika benar ceritamu) bahwa ada seorang KAtolik yang menipu anda. Orang tersebut akan menerima ganjarannya sesuai dengan perbuatannya. Tetapi anda pun harus tahu bahwa
    apa yang terjadi pada dirimu, bagaimana juga adalah keputusan anda sendiri.. Anda pun perlu belajar secara dewasa dan bijak menerima hal ini, belajar dari kesalahan dan mencari jalan keluar yang terbaik yang bisa anda lakukan. Bukan saja ke Gereja Katolik, ke tempat2 lain, seperti KEdutaan besar Indonesia di sana bahkan, atau carilah komunitas orang Indonesia di sana, saya pikir mereka pun bisa membantu anda.
    Semoga berhasil..

  46. Romo,saya seorang Protestan.selama ini saya kurang dkt dgn Tuhan.
    Puji Tuhan setelah saya bertemu dgn pacar saya yg beragama katolik.keinginan saya utk lbh mengenal Yesus n Bunda Maria sgt kuat.dan dia slalu mengajari aku ttg katolik.Dari ajarannya itu ,saya punya keinginan mw jd katolik yang sebenarnya.
    yang ingin saya tanyakkan.
    Apa saja syarat2 untuk mendaftar jadi umat katolik n apakah saya dibaptis lagi secara katolik?

    Thanks

  47. @JHON, puji Tuhan anda terpanggil kembali ke dalam pangkuan Gereja-Nya yang satu, kudus, Katolik dan Apostolik.

    Jika itu kehendakmu untuk memenuhi panggilannya, anda bisa mengikuti persiapan baptis dewasa. Pelajaran Katolik (Katekisasi) yang anda perlu ikuti biasanya berlangsung 6 – 12 bulan. Baptisan anda di Gereja Protestan terdahulu, bila sah menurut Gereja Katolik, yaitu materi yang digunakan adalah air dan formula baptisan yang diucapkan adalah “Aku membaptis Engkau dalam Nama Bapa dan Putera dan Roh Kudus” dengan intensi yang sama dengan GEreja Katolik, anda tidak perlu dibaptis ulang.

    Semoga saja imanmu bertumbuh bukan saja karena alasan manusia, tetapi sungguh karena kamu sungguh menjawab panggilan-Nya.

    May God bless your steps..

  48. Romo, nama saya putri, romo kalo kita udah di baptis di agama kristen protestan, apa kita boleh masuk ke agama katolik??
    terus juga romo, kalo kita udah di baptis apa kita boleh pindah ke agama lain, misalnya agama islam??
    romo, saya belum bisa belajar katolik,

  49. @Putri.. saya bukan Romo.. namun saya akan membantumu menjawab pertanyaanmu

    Tentu saja sangat Boleh..

    Gereja Katolik mengakui cukup banyak baptisan denominasi Protestan sebagai baptisan yang sah.. Baptisan yang sah menurut Gereja Katolik adalah baptisan yang sah materi (air), forma (Aku membaptis engkau dalam nama Bapa, dan Putera dan Roh Kudus) dan memiliki intensi yang sama dengan Gereja Katolik yaitu intensi yang sama dengan Yesus, bahwa baptisan adalah menandakan dan sungguh-sungguh merupakan kematian atas dosa dan menghantar yang terbaptis dalam kehidupan Tritunggal Maha Kudus, ikut serta dalam misteri Paska Kristus (KGK 1239)

    bila sudah dibaptis boleh pindah tidak ke agama lain ?

    Maka jawabannya : rahmat baptisan Allah yang ada padamu akan hilang, begitu pula janji keselamatan untukmu akan lenyap seiring dengan pengingkaran imanmu akan Kristus yang telah merelakan nyawa-Nya untuk menebus dosamu. Boleh atau tidak itu adalah pilihanmu. Memilih mengikuti Kristus atau menolak-Nya.

    MAy God bless your steps..

  50. Hi aku ud nika sm suami yg katolil slm 2 thn. Aku dibaptis secara kristen wkt aku smp.
    Skrg stiap minggu aku ikut suami misa.
    Dlm hati aku ngrsa seandainya dr dl aku katolik jd bs seagama atau sbaliknya.
    Dlm hatiku blum trpanggil utk mnjadi katolil, tp aku tau dlm hati trdalam suamiku dia jg ingin aku katolik. Kita nikah scara katolik mlalui pmbrkatan.
    Aku mau tny apa utk mnjadi katolik kt dharuskan aktif di lingkungan slm 40 x atau sejenisnya?
    Lalu kpn wktunya aku bs mnra komuni, apa stla 1 tahun bljr?
    Knp ada yg bs slsai dlm 6 bulan?

    Aku lg mikir apa sbaiknya aku bljr agama, krn ngrsa ga nyaman kl nmnin suami pas trma komumi aku hrs duduk, dan aku mau nyenengin dia jg walau hati kyknya msh nplak.
    Tlg dibantuu yah.

    Thanks

  51. @Yen,

    saya jawab dulu pertanyaan anda

    1. Aku mau tny apa utk mnjadi katolik kt dharuskan aktif di lingkungan slm 40 x atau sejenisnya?

    JAWAB : TIDAK

    2. Lalu kpn wktunya aku bs mnra komuni, apa stla 1 tahun bljr?

    JAWAB : untuk dewasa saat ini biasanya langsung mendapatkan 3 sakramen inisiasi, yaitu sakramen baptis, sakramen penguatan dan sakramen Ekaristi. jadi memang bisa dikatakan ke-3nya diperoleh setelah belajar mengenai iman Katolik selama 1 tahun. Namun jika baptisan Protestanmu sah menurut iman KAtolik, maka setelah 1 tahun nanti, kamu tidak perlu dibaptis ulang.

    3. Knp ada yg bs slsai dlm 6 bulan?

    JAWAB : bahkan mungkin ada yang lebih cepat dari itu. yang terutama adalah seberapa besar kamu percaya akan iman dan Gereja Katolik yg akan menuntunmu kepada keselamatan kekal. Selain, adanya seorang tertahbis (Imam atau Diakon [<- bukan pro-Diakon]) yang melihat iman-mu itu. Namun saya pernah mendengar seorang Protestan memang bisa melalui pelajaran iman Katolik lebih cepat dibandingkan mereka yang non-baptis, karena dasar-dasarnya sudah ada.

    Yen, memang tidak ada salahnya alasanmu untuk masuk dalam Gereja Katolik. Tetapi akan lebih baik, bila keinginanmu adalah kehendakmu yang muncul secara sadar dari dalam dirimu sendiri. Kamu akan memiliki iman dengan akar yang lebih kuat yang tidak mudah goyah dalam menghadapi kehidupanmu termasuk dalam kehidupan pernikahan yang kamu jalani.

    May God bless your steps..

  52. Teman -teman yg terkasih . Beragama sesungguhnya menurut saya adalah mendapatkan sarana yg tepat agar kita bisa berkomunikasi dgn tenang dan akrab dgn sang pemilik hidup kita ini. Jadi menjadi katolik juga demikian. Ritual agama katolik yg tenang dan kusuk adalah tanda kita sedang berdoa. Jika berdoa dgn alat yg terlalu ribut pikiran kita lebih condong mengarahkan diri kita pada alat / benda mati yang memuaskan daging kita saja. Jadi bila masuk katolik untuk menemukan jalan yang mengagung Yesus kristus adalah baik. Namun motivasinya jangan cepat berubah. Hidup itu sebuah pilihan. Dan Tuhan memberikan akal budi agar kita memilih, termasuk memilih jalan menuju surga. Pada agama yang tepat.terima kasih.
    ,,kalo di FB saya sudah klik ‘LIKE’
    ,,wkwkkwk

  53. salam damai….
    saya islam dan saya sudah belajar dan cari tahu tentang agama khatolik.. saya ingin masuk agama khatolik karena saya percaya akan bapak dan bunda maria senantiasa memberkati hidup saya..
    romo..
    kemana saya harus menghubungi untuk bisa belajar dan masuk secara resmi…
    terimakasih… GBU

  54. @Derry, silahkan datang ke paroki terdekat dimana anda berdomisili dan nyatakan niat anda tersebut..

    Yang perlu anda sadari..bahwa mungkin perjalanan anda untuk bersatu di dalam Tubuh-Nya akan menghadapi rintangan dan tantangan. Itu semua menguji kesetiaanmu kepada keinginanmu, terhadap panggilan Allah untuk memperoleh janji keselamatan-Nya.

    May God bless your steps..

  55. Salam Damai,

    Hi romo saya eka,sy b,agama khatolik,,sy b,agama khatolik sejak lahir,,,dx tau kenapa akhir2 ini sy merasa jauh dr Tuhan Yesus,sy udh hmpir 3bln tdk k gereja dan tdk tau knp sy melupakan Yesus..
    pada suatu hari sy membaca surat dr internet di situ menceritakan seorang ank kecil b,doa sblm dia d operasi dan dia m,doa kn dokter yg akan m,operasikn dia..stelah sy membaca itu saya menangis dan sadar bahwa dlm k,adaan sulit pun ank kecil itu msh ingat sama Yesus.

    Bantu sy romo tuk ttp bersama Yesus..
    Bantu sy romo tuk tdk melupakan Allah Bapa

  56. Aku seorang muslim, berdomisili di balaraja, aku dibesarkan secara islami tapi aku menyukai kristus setiap aku berdoa pasti aku melihat tubuh kristus, aku ingin masuk agama katolik tapi tidak tahu harus kemana?

  57. ^_^

    Dear Nicky shu,

    jika demikian adanya, cobalah datangi gereja katolik terdekat & temui pastor/imam di sana. ungkapkan ketulusan niat Anda.

    doa sy beserta Anda. selamat mencoba.

    salam hangat,
    angela _/\_

  58. Dear Ekaria,

    Kerinduanmu adalah langkah pertama yang bagus untuk semakin dekat Tuhan. Ini saya kirimi doa untuk semakin dekat dengan Tuhan.

    Doa Koronka

    Doa Koronka / Kerahiman diajarkan Tuhan Yesus sendiri pada penampakan tahun 1935 kepada Suster Faustina.
    Doa ini didaraskan dengan menggunakan Rosario biasa, dan hendaknya di lakukan pada jam tiga sore.

    Dalam Nama Bapa …
    Bapa Kami …
    Salam Maria …
    Aku Percaya …

    Kemudian pada manik besar (Bapa Kami) didoakan:
    Bapa yang kekal kupersembahkan kepada-Mu, Tubuh dan Darah, Jiwa dan Ke-Illahi-an Putera-Mu terkasih Tuhan kami Yesus Kristus, sebagai pemulihan dosa-dosa kami dan dosa seluruh dunia.

    Pada setiap sepuluhan manik kecil (Salam Maria) didoakan:
    Demi sengsara Yesus yang pedih, tunjukkanlah belaskasih-Mu kepada kami dan seluruh dunia.

    Diakhiri dengan tiga kali mengucapkan
    Allah yang kudus, kudus dan berkuasa, kudus dan kekal, kasihanilah kami dan seluruh dunia. Amin

    Ini adalah doa kepada kerahiman Allah; Allah yang penyayang. Dengan semakin banyak mendoakannya, kita akan semakin merasakan betapa Alalh menyayangi kita dan oleh karenanya kita juga seharusnya menyayangi orang orang lain sesama kita.

    Selamat semakin penuh kasih!

    Salam berkat Tuhan, rin

  59. Dear Teman-teman

    Saya bernama santoso, sejak dari kecil saya sudah dibesarkan oleh keluarga saya yang beragama Buddha dan saya pernah menjadi seorang budhisme dan telah mendapatkan nama budhis dari seorang Bikhu/Bhante/Biksu. Saya mencintai seorang wanita yang beragama Katolik. Karena cinta ini begitu kuat saya tidak ingin kami terpisahkan oleh perbedaan agama yang menghalangi kami.

    Saya dengan tulus dan dari lubuk hati yang paling dalam memohon bimbingan teman teman semua, untuk membantu saya menjadi seorang yang dapat diterima di katolik, menjadi orang yang beragama katolik, menjadi bagian dari Yesus.

    Jika Yesus memiliki rencana untuk mempertemukan diriku melalui wanita yang sangat saya cintai, saya memohon kepada teman teman sekalian sebagai Hamba Yesus.. ulurkanlah tangan kalian membantu saya menjadi seorang yang Katolik.

    Terima Kasih kepada Teman teman sekalian.
    Semoga Yesus memberkati kalian semua.

  60. Saya seorang muslim berasal dr kota pdg..
    Pcr saya seorang katolik..
    Slama berpacaran saya sllu ikut setiap kegiatan grja..
    Dan kami sering prgi k grja tiap hr mnggu..
    Saya sdah mempedalami agama katolik..
    Dan jujur saya tertarik untuk menganut agama katolik..
    Doa rosario saya hafal n saya sring memprktekannya dlm keseharian..
    Permasalahannya orng tua pasti tdk akan mengijinkan..
    Aplgi skg ini ( maaf )saya sedang hamil 6 bln..
    Dan pcr saya ingin kami menikah secra katolik..
    Saya sngat ingin skli..
    Orng tua saya smpai skg blm tw klo saya sdng hamil..
    Bs kah saya d baptis sblm saya menikah?? dan bs kah saya menikah secara katolik dan menerima komuni??

    Terima kasih atas jwaban dan sran yf akan sngat membantu..

  61. Nb..
    Pcr saya ingin kami menikah dlm wkt dekat ini..
    Mengingat perut saya smkin lama smkin membesar..
    Bskah saya d bptis dlm wkt dkat ini??

    Trma ksih..

  62. @reska, sebaiknya anda berdua dengan pasangan anda bertemu dengan pastor paroki untuk mendiskusikan hal ini.

    Pernikahan secara Katolik bisa terjadi tanpa harus anda menjadi Katolik. Tetapi sebenarnya dasar pernikahan anda lemah, anda berdua harus bisa meyakinkan pastor paroki bahwa dasar pernikahan kalian adalah cinta bukan karena kehamilan anda.

    Namun untuk menikah secara Katolik pasangan anda membutuhkan dispensasi dari Keuskupan.

    Terkait dengan kondisi kalian saat ini, saya pikir perkawinan express bukanlah solusi dari masalah kalian. Menurut saya, Sekarang yang lebih diutamakan adalah bagaimana anda bisa melahirkan bayi itu dalam kondisi yang kondusif dan sehat.

    coba lihat topik ini :

    http://gerejastanna.org/gadis-15th-hamil-3-bulan-ingin-dinikahi/

    setelah melahirkan anak kalian, kalian bisa dengan lebih tenang dan bebas memutuskan langkah apa yang ingin ditempuh selanjutnya.

    Temui pastor paroki dan mintalah nasihatnya. Ingatlah, bahwa kalian harus mengambil keputusan yang bijak, dan tentu saja tidak bertentangan dengan ajaran dan iman Katolik [ini terutama saya tujukan kepada pasanganmu].

    Hal lain, katakan juga kepada pasanganmu, bahwa perbuatan kalian di mata GEreja Katolik adalah dosa berat, yaitu berhubungan intim di luar perkawinan. Itu sebabnya pasanganmu harus meminta pengampunan dari Allah dalam sakramen tobat. Ini adalah hal yang terutama.

    Terakhir, berdoalah kepada Allah, mintalah kekuatan dan bimbingan-Nya agar keputusan yang anda ambil sesuai dengan kehendak-Nya, sumber segala kehidupan dan kebaikan.

    May God bless your steps..

  63. Hy…aq seorang protestan.akan menikah dengan seorang katolik dalam 5 bulan mendatang.saya mau bertanya?apakah saya harus full mengikuti pembelajaran selama 1 tahun, secara saya akan menikah dibulan juni tahun ini?apakah saya bisa dapat dispensasi waktu belajar,,tidak satu tahun penuh.Dan perlu diketahui, calon saya berada di timor.Dokumen apa saja yg diperlukan unutk masuk katolik dan menikah secara katolik. Mohon dibantu.

    GBU

  64. @Riana, tidak masalah bila anda menikah dulu (Dengan ijin dari ordinaris wilayah/keuskupan) dan meneruskan pelajaran iman Katolik… apabila baptisanmu sah menurut GK, maka sifat perkawinanmu sudah menjadi Sakramen..tetapi jika tidak pun tidak, setelah kamu menikah dan kemudian menjadi seorang Katolik, maka otomatis perkawinanmu menjadi Sakramen..

    mengenai dokumen lain bisa di baca di http://gerejastanna.org/prosedur-perkawinan-katolik-2

    hope this helps

  65. Saya seorang Katolik atau mungkin saya tidak patut disebut sebagai seorang Katolik, sebab dari kecil sampai sekarang saya belum diBabtis dan mengikuti Katekumen. selama ini saya hanya mengikuti Misa setiap minggunya di GK Alfonsus Pademangan Jakarta Utara. saya berniat sekali ingin diBabtis, tetapi saya seorang pemalu dan tidak berani bertanya secara langsung kepada sekretariat. saya selalu menunggu penggumuman setelah selesainya misa, dan tidak ada penggumuman tentang katekumen. apakah ada solusi untuk saya ?

    terima kasih sebelumnya,

  66. Terima kasih atas penjelasannya. Dan satu hal lagi yg mau saya tanyakan, karena calon saya adalah seorang warga negara Timor Leste ( sudah berpisah dari indonesia dan menjadi negara sendiri ),maka surat baptis katoliknya dia dalam bahasa portugal.apakah surat baptis itu sah dipergunakan dalam dokumen pernikahan di indonesia.Dan apakah pernikahan kami boleh dicatat di catatan sipil, secara dia warga negara Timor Leste.Terima kasih. GBU

  67. @Riana, surat baptis itu sah dipergunakan, tetapi yang dipergunakan adalah surat baptis yang sudah diperbaharui di paroki di mana ia di baptis. Dan sepanjang pengetahuan saya, ada paroki yang juga meminta terjemahan setidaknya dalam bahasa Inggris.

    Dan perkawinan kalian baik dilakukan di luar sekalipun harus tetap dicatatkan di pencatatan sipil.

    Hope this helps

  68. romo, sy berencana menikah bulan juli. sy katolik, pacar sy protestan. kami tinggal beda kota dan beda propinsi. yg jd masalah jadwal kursus perkawinan katolik di kota pacar sy agak lama 3 bulan dan agak kurang cocok dgn jadwal pekerjaan dia.
    Yg sy mau tanyakan apa bisa ikut kursus perkawinan di Jakarta? karna sy lihat jadwalnya cuman hari sabtu dan minggu.
    Mohon pencerahannya.

  69. @Gina, jawabnya “BISA”

  70. Romo,saya seorang kristen.Saya tinggal di Malang,Jawa Timur.Saya dari dulu waktu SMP sudah ingin masuk katholik,dan sempet belajar soalnya dari TK sampai SMA saya sekolah di katolik.Sekarang saya berumur 26 th.Saya rindu banget mau masuk katolik…adik saya yang bungsu sdh masuk katolik..Untuk katekumen,biasanya sampai berapa tahun?Trims

  71. @Hana, Puji Tuhan anda terpanggil masuk ke dalam Gereja-Nya yang satu, kudus, Katolik dan Apostolik…

    katakumen biasanya 1 tahun.. btw mengapa anda tidak menanyakannya kepada adik anda ? :) saya percaya ia akan gembira membantu anda..

    sekali lagi selamat, dan semoga lancar perjalanan iman anda menuju keselamatan yang dijanjikan Allah.

    May God bless your steps..

  72. Hana,
    kebetulan aku sekarang di Malang, mulai ikut kegiatan Orang Muda Katolik di Gereja Ijen. Kalau kamu masih bingung mulainya bagaimana tuk belajar menjadi Katolik? Harus menghubungi siapa? Mungkin aku bisa membantu. Silakan hubungi aku di email adven_bain@yahoo.com.

    Welcome home sister. :)

  73. romo,sya muslim 22 posisi d bandung. dr SD smpai SMA sya skolah d yayasan katolik, sdkitnya sya hfal dgn doa2 ny dan sya cnderung sdkit nny lbh fham dgn ajaran katolik dr pd ajaran sya skrg in. sya pgn msuk katolik tp tdk ad yg bsa bntu sya. kmna sya hrus bljr? dan ap z yg hrus sya pljari? sya berencana akan berkonsultasi dgn romo d grja katedral d bdg, tp bagaimana sya mengutarakannya? dan pd wktu apa sja sya bsa berkonsultasi? mkash sblm ny.

  74. @miss perfect, Puji Tuhan bila anda terpanggil menjadi anggota Tubuh-Nya yaitu Gereja Katolik.. langkah anda sudah baik, berkonsultasi dengan seorang Imam, tidak perlu dipikirkan apa yang hendak kamu utarakan, katakan saja apa yang kamu inginkan dengan caramu sendiri, yaitu kamu hendak menjadi seorang Katolik.

    May God bless your steps..

  75. Hai. Saya Katolik sampai sekarang. Menikah dg suami Protestan secara Katolik. Tp saya sangat sedih karena suami saya mewanti wanti saya untuk pindah ke Protestan begitu anak saya sudah dewasa nanti. Dan dia sangat menghina ekaristi kudus, Paus, Maria, mendoakan orang mati, banyak dari keluarga Katolik juga teman saya yang menjadi mualaf, saudara-saudara saya pindah menjadi Protestan dan hal2 lain untuk mendiskreditkan gereja Katolik. Tidak jarang kami bertengkar karena saya juga membela iman saya. Saya sangat sedih, namun saya tetap berniat setia dengan iman Katolik saya, saya terbiasa baca bacaan karangan Katolik sehingga saya yakin akan kebenaran Katolik. Saya waktu remaja dulu sudah sering membaca buku2 Protestan, bergaul di lingkungannya dan ke grjnya tp hati saya hampa karena tidak ada komuni kudus. Doakan saya utk setia kepada Yesus Kristus dalam GK.

  76. @rye… cobalah berdiskusi dengan romo paroki anda..

    saya turut prihatin karena seharusnya tanda-tanda ini sudah ada sejak awal sebelum perkawinan seandainya ia dan anda jujur dalam proses penyelidikan kanonik.

    Itu sebabnya saya mengharapkan para Imam Katolik dapat menggali pertanyaan lebih banyak untuk pasangan2 beda agama, untuk memastikan hak dan kewajiban dalam mewujudkan imannya dalam perbuatan bagi mempelai yang beragama Katolik dalam hidup perkawinannya.

    Semoga Allah memberikan kekuatan bagi anda dan semoga Roh Kudus menyentuh hati suamimu agar dapat melihat kasih Tuhan dalam dirimu dan hidup perkawinan yang ia pilih, sehingga ia tergerak karenanya untuk memberimu kemudahan untuk menjalankan kewajibanmu sebagai sebagai seorang Katolik dan semoga kelak suami anda dan anak-anak kalian dipanggil untuk menjadi bagian Tubuh-Nya yang satu, kudus, Katolik dan Apostolik

  77. Aku seorang muslim, saya tinggal di balikpapan,aku dibesarkan secara muslim tapi aku menyukai ajaran katolik sedikitnya saya hafal dengan doa2 nya dan saya cenderung sedkit tanya lebih faham dengan ajaran katolik dari pada ajaran saya sekarang ini, aku ingin masuk agama katolik tapi tidak tahu harus kemana?

  78. Saya kembali lagi ke site Gereja St. Anna untuk kembali meminta saran, setelah saya sebelumnya berhasil kembali ke gereja dan menerima komuni kembali.
    Tahun 2001 , saya menikah di KUA, sebuah kebodohan yang tak baik untuk disesali lagi. thn. 2003, anak pertama saya lahir, oleh suami saya, dia di plot harus beragama Islam. thn. 2009, anak kedua saya lahir. walau suami tidak setuju, saya berusaha mati matian agar agar anak saya ini bisa beragama Katholik.
    Th. ini berkat saran dari Sdr. Johan, saya. bisa mendapatkan dispensasi dari Uskup sehingga bisa kemBali menerima komuni lagi, setelah 11 thn, tidak bisa disebabkan karena pernikahan saya.
    kini anak kedua saya sudah berusia 3 thn. Saya masih berusaha keras membawa dia agar dia bisa seiman dengan saya.
    Terus terang, sebetulnya suami saya tidak ikhlas anak saya ini ikut agama saya. memang setiap Minggu saya mengJaknya ke gereja. dulu sewaktu dia bayi, sangat mudah kemana mana selalu ikut saya karena masih menyusu. Tetapi kini dia sudah 3 thn. Dia mulai bisa bicara dan mengerti. Saya sungguh kuatit jika kelak dia akan menolak pergi ke gereja dengan saya Dan ingin bersama Papanya.
    Suami saya walau dulu pernah bilang oke, anak saya boleh ikut ke gereja, tapi saat kami di gereja biasanya suami dan anak pertama akan ke mall untuk main main.
    Itulah yang sangat saya cemaskan sekarang, bagaimana menjadi gembala bagi anak kedua saya agar bisa mengenal BUnda Maria dan Tuhan Yesus, di mana dalam rumah saya hanya saya yang memeluk agama Katolik. Sedang yang beragama Islam ada suami, mertua, dan anak pertama saya. terus terang di keluArga saya, agama Katolik sungguh menjadi minoritas, bahkan suami saya pun tidak dengan setulus hati melepaskan anak kedua saya untuk mengikuti agama saya.
    Mohon pencerahan dan saran saran dari semua pemerhati di site St. Anna ini.
    Saat ini yang sudah dan terus saya lakukan adalah doa berusaha memasukkan anak saya ke lingkungan Katolik seperti Sekolah Minggu. tapi tentu saja suami pasti tak senang. Aduh, mohon saran sarannya ya, apa yang sebaiknnya saya lakukan.

    Sandra

  79. @Fransisca… saya pikir, anda sudah menepati janji anda, untuk secara sungguh-sungguh berusaha membawa anak-anak anda ke dalam GEreja KAtolik, walaupun pada akhirnya suami anda merebut perhatian anak-anak anda untuk menjadi muslim.

    dan menjadi seorang Ibu Katolik ditengah keluarga muslim akan menjadi perjuangan yang berat.. saya kira perjuangan anda patut menjadi contoh bagi mereka yang menikah beda agama,

    Berjuanglah terus dengan sungguh-sungguh, Usia 3 tahun memang belum memasuki usia wajib menghadiri perayaan Ekaristi. Jadi carilah cara yang tepat untuk usianya belajar mengenai iman Katolik. ajarilah iman Katolik dalam kehidupan sehari-hari anak anda, seperti berdoa, atau nyanyian rohani yang bisa anda senandungkan untuknya. Jangan terbebani dengan kecemasan dan ketakutan, jalani saja dengan sungguh-sungguh termasuk membela dan mempertahankan imanmu, sisanya percayalah Allah akan membantumu.

    TEruslah berdoa dan mendekatkan diri anda kepada Allah dan Gereja-Nya yang satu, kudus, Katolik dan Apostolik.

    May God bless your steps, protect you and your family …

  80. @Sdr. Johan,

    Memang benar, sangat berat hidup dalam pernikahan campur seperti ini. Karena itu saya menghimbau kepada semua Muda-Mudi yang sedang berpacaran serius dengan pasangan yang tidak seiman supaya benar-benar berpikir dan memilih, mau terus dengan pacar Anda atau Yesus/GK?

    Entah bagaimana manisnya hubungan kalian sekarang, kelak jika sudah menikah akan terjadi perang batin yang sangat menyayat. Seringkali saking beratnya penderitaan ini, betepa rindunya bisa memuji Allah dan Tuhan Yesus dengan bebas, saya berdoa agar saya bisa secepat mungkin bersama dengan Tuhan Yesus dan lepas dari beban ini.

    Sungguh saya berpesan kepada siapapun yang sedang menjalin hubungan serius dengan seseorang yang tidak seiman (terlebih-lebih Muslim), untuk benar-benar meneliti hati nurani sendiri.

    Untuk Sdr. Johan, baiklah saya saya akan terus berusaha membimbing anak kedua saya untuk mengenal Tuhan Yesus. Jadi kalaupun saya berusaha membawa anak kedua saya ikut Sekolah Minggu, tentunya tak banyak membantu ya? Karena pada dasarnya usia 3 tn memang bukan usia yg tepat untuk mulai mengenal lingkungan Katolik.

    Ada lagi yang mau saya tanyakan, dengan status saya menikah di KUA begini, bagaimana caranya agar kelak kalau anak saya sekolah saya bisa mendaftarkan anak saya sebagai Katolik? Kira-kira seperti apa ya yang harus saya persiapkan untuk itu? Apa dari pihak sekolah akan keberatan karena secara resmi saya kna menikah di KUA. Kalau mengikuti kehendak saya sih maunya biar anak saya itu masuk sekolah Katolik, yang pasti akan menimbulkan gejolak antara saya dan suami, jadi yang itu masih perlu banyak doa dan perjuangan.

    Maafkan saya jika saya banyak cemas dan kuatir.

  81. malam romo..
    saya diana..saya seorang muslim berumur 19 thn tinggal di bekasi..saya sejak dulu ingin masuk katolik..bahkan saya sdh menetapkan tuhan yesus dan bunda maria adlh segalanya bg saya..sy ingin b’tanya bagaimana caranya sy agar cepat masuk katolik krn sungguh sy sdh rindu dgn katolik..trims

  82. oh ya romo..apa romo tau gereja katolik di bekasi krn setau sy untuk agama katolik di daerah sy agak minoritas..trims

  83. @Fransisca, jika pertanyaan anda terkait agama anak anda pada saat mendaftarkan sekolah, memang ini keputusan yang sulit, terutama ketika anda mendaftar di sekolah negri.

    Mengapa sulit ? Karena ini bisa menjadi sumber percekcokan baru dengan suami anda ketika anda memasukkan agamanya sebagai Katolik tanpa persetujuannya. Oleh karenanya, sebaiknya anda diskusikan dulu dengan suami anda, bahwa anda hendak mendidik anak ke-2 anda sebagai seorang Katolik. Semoga suami anda bisa mengerti.

    Tentunya Akan lebih mudah jika suami anda setuju, anda mendaftarkannya di sekolah Katolik.

    Saya katakan menjadi seorang KAtolik adalah juga panggilan. Dalam perbuatan anda, ketaatan anda, kecintaan anda, anda bisa memberikan teladan dan pengetahuan kepada anak-anak anda tentang ke-Katolik-an. Berdoalah supaya kelak anak-anak anda terpanggil mengikuti anda menjadi anggota Tubuh-Nya.

    May God bless your steps..

  84. @Diana… selamat ya, anda terpanggil menjadi seorang Katolik.. jangan padamkan kerinduan di dalam hatimu untuk menjadi seorang Katolik.. untuk menjadi seorang Katolik, anda harus dibaptis di dalam Gereja Katolik, dan ini memerlukan proses, seperti pendidikan mengenai iman Katolik selama 1 tahun.

    Tentu saja selama itu anda bisa menjadi partisipan dalam perayaan Ekaristi setiap hari Minggu di Gereja Katolik. Anda bisa maju ke depan altar saat penerimaan hosti untuk menerima berkat dengan berlutut dan menyilangkan tangan di dada untuk menerima komuni secara spiritual sebagai undangan untuk penyembahan Ilahi.

    mengenai gereja Katolik di bekasi semoga daftar di bawah ini bisa membantu

    1. Bunda Teresa Cikarang
    2. St Maria di Kalvari (Kalvari) Lubang Buaya
    3. St Arnoldus Bekasi
    4. St Bartolomeus (Sanbarto) Taman Galaxi
    5. St Klara Bekasi Utara
    6. St Leo Agung Jatibening
    7. St Mikael Kranji
    8. St Servatius Kampung Sawah

    Diana, perjuangan menjadi seorang Katolik sering kali menemui rintangan dan godaan. Bahkan tak jarang rintangan itu datang dari orang-orang Katolik sendiri. Orang sekretariat paroki yang tak ramah, romo yang sulit ditemui atau cuek, ketua lingkungan di tempat anda yang tidak menunjukkan kehendak untuk membantu atau anda mungkin menemukan seorang Katolik yang sikapnya anda tidak sukai dan berurusan dengan anda. Si jahat akan terus berusaha untuk memadamkan api kerinduan dalam dirimu.

    Tetapi ingatlah bahwa anda menjadi seorang Katolik bukan untuk mereka, tetapi untuk menjadi dekat dengan Tuhan Yesus, menjadi anggota Tubuh-Nya dan berada dalam Diri-Nya.

    May God bless your steps..

  85. Dear All,

    Saya setuju dgn pnjelasan Romo & teman2 yg tlh mmberikan saran sblmnya. Memang hal2 tsb sgt baik selama masa transisi, mis. sbb :


    i) Mengenai keluarga, yang perlu diingat adalah bahwa memeluk agama adalah hak asasi manusia yang dilindungi negara. Tetapi bagaimana pun, jika kalian tidak mendapatkan dukungan dari keluarga, dan kebutuhan hidup kalian masih tergantung orang tua, maka janganlah kalian khawatir, justru ini menjadi ujian untuk menjawab panggilan Allah lebih sungguh. Tuhan Yesus berkata (Mat 10:38) : “Barangsiapa tidak memikul salibnya dan mengikut Aku, ia tidak layak bagi-Ku.”

    ii) Jika ada anggota keluarga, paman atau bibi yang beriman Kristen dan cukup didengar perkataannya oleh orangtua kalian, kalian bisa meminta tolong mereka untuk membantu berbicara dengan orang tua kalian. Tentu saja ada kemungkinan mereka ragu untuk membantumu, karena ingin menghindari cekcok di antara keluarga. Tetapi bagaimanapun layak untuk dicoba.

    iii) Jika tidak ada pertolongan, maka berdoalah dan hiduplah sebagai seorang “Katolik” dalam status agama kalian dan carilah kehendak Allah dengan sungguh-sungguh dan lakukanlah. Dengan demikian kalian menjaga kerinduan itu dan menjawab panggilan Allah hingga kelak kalian secara batiniah dan juga lahiriah sudah siap untuk dibaptis. Tuhan Yesus berkata (Yoh 14:13-14) : “Dan apa juga yang kamu minta dalam nama-Ku, Aku akan melakukannya, supaya Bapa dipermuliakan didalam Anak. Jika kamu meminta sesuatu kepada-Ku dalam nama-Ku, Aku akan melakukannya.”

    iv) Jika keingnan kalian ini bisa membahayakan jiwa kalian atau karena kalian masih tinggal dan hidup kalian (kemampuan finansial) tergantung dengan orang tua kalian, maka kalian boleh menundanya, tetapi jangan berpaling dari kehendak-Nya. Allah yang baik akan membantu kalian untuk bersatu dengan-Nya dengan cara yang tidak kita ketahui, dan bila kesempatan itu datang, jangan lagi kalian menundanya.

    v) Satu hal lagi, dalam proses menjawab panggilan Allah ini, hingga kalian dibaptis, kalian akan mengalami banyak kejadian yang menguji kehendakmu itu. Entah dari keluargamu, dari orang-orang disekitarmu, teman atau sahabatmu, bahkan dari orang Katolik sendiri baik umatnya, pengurus Gereja atau bahkan pastor Katolik. Jadi Kebenaran akan Tuhan Yesus janganlah diukur dari sifat seorang manusia yg tinggal di dalam Gereja-Nya sekalipun itu seorang romo/aplgi hnya seorang pengurus Gereja yg bisa salah dlm sikap.

    vi) Pergilah ke Paroki/Gereja Katolik di wilayah domisili anda, minta bertemu dgn Romo disana dan sampaikanlah keinginanmu utk mjd seorang Katolik (FYI, anda akan mgikuti kelas katekisasi nantinya). Jika kalian memiliki kesempatan untuk mengikuti misa di hari Minggu, datanglah. Walaupun kalian belum bisa menerima sakramen Ekaristi. seusai misa kalian bisa datang ke romo, dan memohon berkat Tuhan, maju dan silangkan tanganmu di depan dada dan berlututlah.

    vii) Sesungguhnya bukan teman -teman yang ingin masuk Katolik dan mengikuti Yesus namun sebaliknya Tuhan Yesus lah yang telah memilih kalian dengan perantaraan Roh Kudus membuka pengetahuan kita tentang Dia, maka berbahagialah. Tuhan Yesus berkata (Yoh 15:16) : “Bukan kamu yang memilih Aku, tetapi Akulah yang memilih kamu. Dan Aku telah menetapkan kamu, supaya kamu pergi dan menghasilkan buah dan buahmu itu tetap, supaya apa yang kamu minta kepada Bapa dalam nama-Ku, diberikan-Nya kepadamu.” —

    Dari sy pribadi, jika Orang tua anda -terlanjur- mgetahui pengenalan anda dgn Gereja Katolik maka selain anda berdoa minta kepada Tuhan Yesus agar Dia menjamah dan membuka pintu hati Orang tua kalian, anda pun harus tetap menunjukan sikap yg patuh dan malah harusnya lebih menunjukkan sikap mengasihi kpd Orang tua anda juga kpd teman2 & keluarga besar lainnya, sehingga menunjukkan anda sbg seseorang yg baru didalam Kristus. Tuhan Yesus berkata (Yoh 13:34-35) : “Aku memberikn printah baru kpd kamu, yaitu spaya kamu saling mengasihi; sama seperti Aku telah mengasihi kamu demikian pula kamu hrus sling mengasihi. Dengan dmikian semua orang akan tahu, bhwa km adlah murid2Ku, yaitu jikalau kamu sling mengasihi.”

    Ingat, Tuhan Yesus berkata :
    (Mat 7:7) “Mintalah, maka akan diberikan kepadamu; carilah, maka kamu akan mendapat; ketoklah, maka pintu akan dibukakan bagimu.”
    (Yoh 14:6) “Kata Yesus kepadanya: “Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorangpun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku.”
    (Mat 11:28) “Marilah kepadaKU, semua yang letih lesu dan berbeban berat, Aku akan memberi kelegaan kepadamu.”

    Saya sarankan teman2 bisa sering mengunjungi situs berikut http://www.Katolisitas.org untuk lebih mendalami Iman Gereja Katolik.
    May God bless us.

    Pax Christi,
    Antonius +

  86. hay ,,, Umat Tuhan semuanya .
    Sedikit pengelaman pribadi ; slama ini tlah bnyak mujizat yg sy alami , dan aku sadar bahwa Tuhan mendengar dan mengabulkan smua permohonan dri org hina dn bedosa seperti sya . amat keliru kalau di antara kita saling menghina dn mencemooh Antar agama , dan saudara perlu Tahu , klo di FLORES Mayoritas Khatolik Roma ,tpi kita semua hidup Rukun , saling menghargai , dan lebih khusus khatolik dan Islam kita dsini gotong rOyong membangun tempat Ibadah ( Mesjid & gereja ) . Jadi saudaraku sekalian yg di pulau jawa dan skitarnya , kenapa harus saling melukai , saling fitnah , kita semua adalah CiptaanNya. Agama itu hanya sarana untuk menuju Tuhan . Jadi Saudaraku smuanya ,,, dengan segala kekurangan dan keterbatasan saya dari lubuk Hati sya minta maaf.untuk kita semua , belum terlambat untuk kita Berubah dan menjadi lebih baik.

  87. kalau anda ingin belajar katolik ada situs rujukan yaitu http://www.katolisitas.org atau http://www.imankatolik.com

  88. pasangan saya beragama muslim.
    karena alasan tertentu kami harus segera menikah,
    tapi setelah saya menemui pastor paroki dan menjelaskan permasalahan saya dia mengatakan bahwa pasangan saya harus dibabtis dulu baru bisa menikah,
    sementara kalau dibabtis harus menunggu waktu 1 tahun,
    yang saya tanyakan apakah tidak bisa karena alasan tertentu pasangan saya segera dibabtis dan menikah baru setelah itu dia mendalami katholik. ?

  89. Dear Hamba Tuhan,

    Saya seorang pria khatolik menjalin hubungan dengan wanita muslim. Kedua Orang tua kami sudah pasti tidak merestui hubungan kami. Saya sangat mencintai dia. Beberapa waktu yang lalu dia mengutarakan ingin masuk khatolik. Saya pernah mengajak dia mengikuti misa di katedral. Tanggapannya positif.

    Ada sodaranya yang muslim masuk khatolik. Dia melihat keluarga sodaranya itu sangat tenang dan bahagia. Dia pernah bilang kalau orang khatolik itu “baik yah, ga jahat, sangat sayang dan mengasihi pasangannya”. Dia percaya saya bisa membimbing nya menjadi wanita khatolik. Dengan resiko dia dibuang dari keluarganya.

    Masalhnya sekarang orang tua saya tidak merestui. Orang tua saya berfikir, seandainya pasangan saya masuk khatolik ada ketakutan, kembali lagi ke muslim nantinya.

    Bagaimana menurut pendapat rekan-rekan sekalian? Terima KAsih.

  90. saya muslim, tetapi saya sering melihat ibadat seorang nasrani meski hanya di televisi. dalam hati saya sangat ingin mengikuti secara langsung tetapi saya takut berdosa. saya sangat menghargai perbedaan agama tetapi saya merasa sangat nyaman jika mendengar doa-doa katolik. hati saya menginginkannya tetapi saya takut sekali dengan kedua orang tua saya. mereka semua muslim, walau dulu ayah angkat dari ibu saya seorang nasrani dan beliau sering mengikuti ibadat dan nyanyian-nyayiannya. saya mungkin terlalu takut dengan hukum sosial yg ada ditempat saya, seorang muslim murtad dan menjadi seorang katolik. apakah salah jika saya memilih kepercayaan saya? bukankah itu kebebasan? baiknya bagaimana?sudah sejak lama saya ingin menjadi nasrani khususnya katolik. mendengar doanya sungguh sangat membuat tenang hati saya, tapi keluarga saya bagaimana? saya benar – benar merasa dilema dengan keadaan ini.

  91. Saya beragama islam,,,mulai kecil sama orang tua disekolahkan di sekolah katolik…ada panggilan ketika smp ingin menjadi katolik ,, tetapi keluarga dari mama semua beragama islam,,,dan mayoritas lingkungan di rumah juga islam…dan saya mengurungkan niat saya….sedikit tidaknya saya paham mengenai agama katolik karena selama 12 tahun lamaX mengenyam pendidikan di sekolah katolik yg mayoritas besar semua beragama katolik…ikut misa juga sudah sering ( tapi misa acara disekolah ),,,sekarang saya mengenal seorang wanita yg beragama katolik,,,dan mungkin hubungan ini akan dibawa sampai jenjang pernikahan,,dan saya ingin menjadi katolik agar keimanan ku dan calon istri sama,,,mungkin dari sini lah panggilan kuasa tuhan menghampiri hidupku lagi…tetapi bagaimana cara saya agar bisa menjadi katolik???

Leave a Reply

You can use these XHTML tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>