Berita Paroki 21 November 2010

21 November 2010

Hari Raya Tuhan Kita Yesus Kristus Raja Semesta Alam

2Sam 5:1-3 ; Kol 1:12-20 ; Luk 23:35-43

Memaknai Pesta Kristus Raja

Saya bertemu dengan Sugeng,  buruh pabrik yang sedang pulang makan di kontrakannya waktu istirahat siang. Uneg-unegnya pun tipikal: “Ya kayak kiye pake, dibelakna makan pulang. Kalo makan di luar, mana cukup?” Sugeng, buruh pabrik, anak dua, tinggal di kontrak petakan dengan gaji sedikit di atas upah minimum. Ia pun tinggal di lingkungan yang kumuh, tidak bisa memilih-milih untuk berteduh . Waktu saya tanya bagaimana ia dan keluarganya bisa hidup dengan kondisi demikian: “Ya, Allah yang ngatur pake,” katanya. Sugeng tidak sendiri. Minggu lalu saya pun bertemu dengan sejumlah buruh yang lain, ada sopir, kernet, dan mekanik rendahan, dan uneg-unegnya relatif sama, bagaimana menyiasati kemiskinan dan pekerjaannya sebagai buruh yang harus tinggal di lingkungan kumuh. Namun ditengah semuanya itu, Sugeng masih punya Allah yang mengatur kehidupannya. Saya tidak tahu persis sosok Allah seperti apa yang mereka hayati; yang terungkap hanyalah ada Allah yang mengatur hidup mereka.

Raja Yang Tergantung Di Salib

Hari ini kita merayakan Kristus Raja Semesta Alam. Minggu ini juga merupakan penutup dari rangkaian kegiatan setahun karena minggu depan kita sudah memasuki masa Adven yang menandai tahun baru dalam kalender liturgi. Sulit rasanya bagi saya untuk membayangkan seperti apa Kristus, Raja Semesta Alam ini. Dalam bacaan pertama, orang-orang Israel memiliki Daud yang diurapi sebagai Raja atas seluruh Israel, setelah Saul meninggal. Para pemimpin dan tua-tua Israel menghadap Daud di Hebron sebagai raja yang baru, pemimpin yang berkuasa atas seluruh Israel. (2 Sam 5:1-3). Gambaran kita mengenai tahta raja, istana, kuasa dan kepemimpinan Daud mudah terbayangkan.  Tapi Kristus, Raja Semesta Alam?

Saya rasanya lebih mirip penjahat yang disalib di sebelah Yesus, yang sedang menghujat Dia: “Bukankah Engkau Kristus?  Selamatkan diri-Mu dan kami,” (Luk. 23:39) atau seperti salah seorang dari orang banyak yang berdiri di bawah salib Yesus, para pemimpin Yahudi, para prajurit, yang sedang ikut mengolok-olok “Jika Engkau raja orang Yahudi, selamatkan diri-Mu!” Dalam versi penginjil Markus, lebih gamblang lagi, “Baiklah Mesias, Raja Israel itu, turun dari salib itu supaya kita lihat dan percaya.” (Mark. 15:32). Saya ingin Tuhan Yesus sekarang juga turun dari singgasana-Nya menghentikan awan panas dan lahar Merapi, sehingga orang tua dan sanak saudara saya yang di lereng Merapi tidak harus terus mengungsi! Melihat Sugeng dan buruh-buruh yang miskin serta penderitaan  yang ada di mana-mana;  bencana demi bencana bertubi-tubi; banjir bandang di Warsior, gempa dan tsunami  Mentawai, Merapi meletus dan begitu banyak masyarakat kecil dan sawah, ladang, ternak  porak poranda; saya pun bertanya kenapa Tuhan, Raja Semesta Alam berdiam diri saja? Kenapa tidak turun dari singgasana dan membebaskan masyarakat dari semua derita bencana itu? Bagi penjahat yang disalib bersama Yesus, orang-orang Yahudi waktu itu, dan mungkin juga bagi Anda dan saya, gambaran bahwa Yesus adalah Kristus, Mesias, Raja adalah absurd ketika Yesus tetap tergantung di salib! Ketika Yesus Kristus tidak turun tahta dan menggunakan  kuasa-Nya untuk secara instan membebaskan semua derita bencana tersebut.

Melalui Salib-Salib Di Hati Anda

Dan Tuhan Yesus, yang sekarang kita rayakan sebagai Raja Semesta Alam, ternyata tetap tergantung di salib, tidak turun dari salib untuk menyelamatkan diri. Tuhan Yesus, yang adalah Mesias, ternyata tetap melaksanakan kehendak Bapa-Nya dengan mati disalib dan bangkit kembali; dengan melewati derita berdarah-darah dan direndahkan serendah-rendahnya, dimiskinkan semiskin-miskinnya sampai pakaian-Nya pun dilucuti. Tuhan Yesus ternyata tetap tergantung di salib dan tidak tergoda untuk menyalah-gunakan kuasa-Nya turun dari salib dan membebaskan diri serta  manusia-manusia yang dikasihi-Nya. Ternyata Tuhan Yesus, Mesias, Raja Semesta Alam, menyelamatkan kehidupan umat manusia dari belenggu dosa dan penderitaan melalui salib, melalui penderitaan-Nya; menyelamatkan alam semesta dari kerusakan akibat dosa melalui salib-Nya. Tuhan Yesus setia dan taat pada kehendak Allah Bapa-Nya. Tuhan mengubah penderitaan salib menjadi sarana keselamatan; menjadi sarana untuk memperlihatkan dan mewujudkan kuasa-Nya atas semesta. Tuhan meraja atas semesta, atas kehidupan, melalui salib-salib yang ada dalam hati kita semua untuk menolong mereka. Bukan sosok raja yang suka kuasa dan glamour, yang jauh dari derita dan kemiskinan rakyat-Nya; tetapi Raja yang taat dan setia pada Allah, yang tidak turun dari salib di kala menderita dan dicerca dihina, yang peduli dan berempati karena kasih-Nya.

Sidang Agung Gereja Katolik Indonesia (SAGKI) baru saja selesai minggu lalu. Seperti diberitakan, ada tiga keprihatinan yang antara lain menjadi fokus perhatian Gereja yakni: nasib buruh, kemiskinan dan lingkungan hidup. Sugeng, yang buruh miskin dan tinggal di petakan kumuh; dan masih begitu banyak Sugeng yang lain kiranya akan semakin menyadarkan kita semua, anggota Gereja, bahwa Kristus  Raja, Mesias, taat dan setia pada Allah Bapa-Nya untuk menyelamatkan kemiskinan, dan kerusakan alam semesta melalui salib-Nya dan salib-salib yang tergantung pada hati Anda semua! Melalui empati, perhatian, kepedulian, doa, dan berbagai pertolongan Anda. Semoga (Matheus Supomo)

28 November 2010

Hari Minggu Adven I

Yes 2:1-5 ; Rm 13:11-14a ; Mat 24:37-44

November

30 Sl             Pesta S. Andreas, Ras

Desember

01 Rb            Pw B. Dionisius dan Redemptus, BiarwMrt

03 Jm           Pesta S. Fransiskus Xaverius, Im

JADWAL PERAYAAN & PETUGAS EKARISTI

27-28 November 2010


Gereja St. Anna

Hari              : Sabtu, 27 November, jam 17.30

Pen. Jwb       : Pondok Bambu II; Barnabas

Koor             : Gloria

Hari              : Minggu, 28 November, jam 06.30

Pen. Jwb       : Duren Sawit Indah; Martinus

Koor             :

Hari              : Minggu, 28 November, jam 08.30

Pen. Jwb       : Buaran; Agustinus

Koor             : Helena

Hari              : Minggu, 28 November, jam 16.30

Pen. Jwb       : Pondok Kelapa I; Mikael

Koor             : Pondok Kelapa I

Hari              : Minggu, 28 November, jam 18.30

Pen. Jwb       : Billy&Moon; Mangunwijaya

Koor             : Belcanto

Stasi Yoakhim

Hari              : Sabtu, 27 November, jam 18.30

Pen. Jwb       : St. Leonardus

Koor             : WKRI Malaka Sari 2

Hari              : Minggu, 28 November, jam 08.00

Pen. Jwb       : St. Katharina

Koor             : Bina Iman Anak

PENGUMUMAN PERKAWINAN

Pengumuman Kedua

Agustinus Johanes Harold Pandingan           Lk. Soegijapranata

Matrisa Agustina Tampubolon                    GKPS-Cikoko

Mikael Rusli Sumanti                                Prk. St. Yakobus

Maria Martha Leni                                    Lk. St. Benedictus

Tonazaro S. Maruhawa                            GKI

Imelda Gracia Gani                                  Lk. Maria Gracia

Stevanus Prihandityo S. N                         Lk. Soegijapranata

Siti Aminah                                             Lk. Soegijapranata

Pengumuman Ketiga

Gabriel Indra Sidharta                              Prk. Hati Kudus Tuhan Yesus-Ganjuran

Valeria Koes Inggrid Sukowati                    Lk. St. Martinus

Agustinus Kristovilanto Leokemi                 Prk. Robertus Bellarminus-Cililitan

Yosephina Cahyani Rosariyandari                Lk. St. Mikael

Jhon Frenki Benhard Silitonga          HKBP

Elisabeth Dessy Wulandari                         Lk. St. Yakobus

Prisko Palmos Conterius                           Prk. St. Leo Agung

Veronica Dini Krissanti                              Lk. St. Anna

Paulus Antonius Ronny Giantoro                 Lk. St. Maria Asumpta

Stefani Henny Indrawati Sojomihardjo        Prk. St. Yakobus-Klp Gading

Bernadus Ignatius Stephen Rodney Hariono Lk. St. Martha

Rani Ayudia Kristi                                     GKI

Michael Sandoval                                   Lk. St. Maria Asumpta

Bernadeta Andriana Juzwar                       Lk. St. Maria Asumpta

PDKK

1.     Mengundang umat St. Anna untuk ikut bersukacita dalam sharing firman Tuhan dengan tema “Berbahagialah Orang Yang Tidak Melihat Namun Percaya” pada Hari/Tanggal: Rabu, 24 November 2010, jam: 19.00, di Gd. Yos Sudarso Lt. 1. Pwt: Ibu Theresia.

2.    Dalam rangka peringatan Hari Raya Santa Perawan Maria dikandung tanpa Dosa, PDKK menyelenggarakan Novena, Rosario, dll dalam acara kunjungan ke 9 Gua Maria di Jakarta yang akan diselenggarakan pada Hari/Tanggal: Selasa, 07 Desember 2010, jam: 06.00 (diawali Misa), berangkat dari Gereja St. Anna. Biaya: Rp 100.000,- (sudah termasuk transportasi & konsumsi). Info & pendaftaran dapat menghubungi Ibu Theresia: 021 68621631 ; Ibu Linda: 021 95755349 atau dapat langsung dating pada saat PDKK berlangsung.

SEKSI KESEHATAN

Mengajak partisipasi umat St. Anna untuk ikut dalam “Aksi Donor Darah” pada hari/tanggal: Minggu, 28 November 2010, jam: 09.00 s.d 12.00, di Gd. Yos Sudarso lt. 1. Setetes darah anda sangat berarti bagi mereka yang membutuhkan.

SEKSI KERASULAN KITAB SUCI

Kepada seluruh pengurus Lingkungan Paroki St. Anna diberitahukan bahwa buku panduan masa adven sudah dapat diambil di kotak masing-masing.

SEKSI KATEKESE – SUB SEKSI REMAJA

Mengundang Remaja Katolik St. Anna (REKASATA) dalam pertemuan Hari/Tanggal: Minggu, 28 November 2010, jam: 10.00, di Gd. Yos Sudarso. Kehadiran kalian sangat dinanti.

LEGIO MARIAE

Kelompok Legio Mariae Presidium Maria Guadalupe mengundang umat St. Anna yang ingin lebih mengenal Bunda Maria dan ingin berkarya dalam karya pastoral kunjungan umat, untuk bergabung dan hadir dalam rapat presidium setiap hari Sabtu, jam 16.00. Di Gd. Yos Sudarso lt. 2.

INFORMASI

Kegiatan – kegiatan kategorial yang ingin dimuat di Berita Paroki, silahkan disampaikan ke Sekretariat Paroki paling lambat hari Rabu, pukul: 15.30 WIB atau email ke sekretariat_stanna@yahoo.com.

BURSA KERJA

Dibutuhkan segera :

1) Driver. Syarat: pria, usia 26 s/d 50 thn, mempunyai SIM A, dapat mengemudikan mobil transmisi automatic, jujur ; 2) Supervisor Marcom. Syarat: pria/wanita, 25 s/d 40 thn, berpengalaman di bidang marcom, event, periklanan atau PR, dan jujur. Bagi yang berminat dapat SMS/menghubungi Bpk. Wiraatmadja: 0811 802239.

Leave a Reply

You can use these XHTML tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>