Ada Apa di Seksi Sosial Ekonomi Paroki?

Oleh Th. Budi Prakoso

Mengacu Anggaran Dasar PGDP KAJ yang diperbarui 1 Agustus 2008: Gembala Utama tidak hanya memelihara Domba2 yang selama ini ada tetapi juga mencari domba2 yang selama ini kurang tertampung dalam pelayanan Paroki.

Ketentuan Uskup Agung Jakarta agar 25% hasil kolekte, disisihkan untuk menyantuni orang papa dan Miskin yang membutuhkan. Kurang baik melayanai meja, membantu para janda dan yatim atau kurang baik membantu yang papa dan miskin, dianggap sama dengan ” Melalaikan Firman Allah”. Maka kurang baik menggunakan dana 25% kolekte untuk kepentingan orang miskin dapat dikategorikan ”Melalaikan Firman Allah” (Penegasan Uskup Agung Jakarta 22 Juni 2008).

Pelayanan makin menjangkau mereka yang miskin dan terpinggirkan sehingga kehadiran Gereja Katolik sunguh2 memberi makna nyata bagi sesama, terutama yang menderita dan belum tersentuh.

Seksi adalah badan yang dibentuk untuk melaksanakan tugas DP dalam bidang tertentu, dan dapat memberikan masukan mengenai kebutuhan konkrit umat/ masyarakat dengan memperhatikan pengarahan Komisi Keuskupan terkait / Kom.PSE. Dengan Batasan yang dapat di ”Tangguhkan atau di Batalkan” apabila keputusannya dinilai bertentangan dengan Hukum Gereja /Kesejahteraan Umat Beriman.

Tugasnya: Membantu mendorong umat mewujudkan solidaritas sosial kepada mereka yang miskin, menderita , terpinggirkan, cacat Sosial, ketidak Adilan, diskriminasi maupun akibat bencana/alam. Bekerjasama antar Seksi agar pelayanan lebih optimal, tulus, penuh kasih, persaudaraan sambil mengusahakan hal-hal yang makin mempersatukan Umat & menumbuhkan kepemimpinan yang paritsipasif, tentunya dengan peraturan yang diperlukan tidak dimaksudkan untuk menciptakan birokrasi tetapi ”Memupuk semangat Ketertiban & Keteraturan” dalam Penataan kasih Lembaga Gereja di Paroki St.Anna.

Memberikan tugas kepada wakilnya untuk: Mengawasi kinerja SPSE , mendampingi relawan/ subseksi dan kesempatan sosial kemasyarakatan untuk memastikan pelayanan berjalan baik.

Tujuan: Meningkatkan kepedulian terhadap kaum papa dan Mengangkat harkat dan Martabat manusia.

Dana berasal dari hasil kolekte umat 25 %, donatur, hasil usaha jualan sayur mayur dan sumbangan pasien balai pengobatan & gigi, refleksi dan prana.

Pelayanan bantuan bersifat sebagai pelengkap dari data yang kami terima dapat disampaikan penyalurannya sbb :
1. Dana kematian St.Yusup Tahun 2008 sebesar Rp 125.775.072,-
Jumlah Orang yang meninggal 3 tahun terakhir rata-rata 60 Orang

2. Bantuan SPSE Periode September 2008 hingga akhir Maret 2009 (7 Bulan) sebesar Rp 114.642.534,- dari dana tsb disalurkan 47.6% untuk dana Pendidikan Dana tersebut diterimakan tidak hanya kepada umat Paroki tetapi masyarakat sekitar dan beberapa korban kerusuhan 1998 antara lain :
– Membantu beaya pendidikan Anak 68 Siswa SD, 57 Siswa SMP & 63 Siswa SMU/K serta pendukung lainnya
– Membantu Beaya pengobatan ataupun perawatan.
– Membantu Lansia/ Janda, (34 Orang Mei 2009)
– Membantu Karitatif ataupun kebutuhan hidup sehari-hari.
– Membantu Pinjaman Modal Usaha, walaupun masih minim.
– Membantu Beaya Perbaikan sarana Rumah atau pendukung lainnya.

Kendala yang ada selama ini antara lain :
– Belum dapat memberikan bantuan yang merata, dan masih ada yang belum disapa.
– Tenaga/relawan untuk meluangkan waktu membantu melayani sesama masih sedikit
– Kecenderungan langsung datang ke Paroki apabila perlu bantuan, dan beberapa lebih senang meminta bantuan dari pada berusaha.
– Keterlibatan Lingkungan / Wilayah dalam membantu warga masih sedikit.
– Kesanggupan beberapa peminjam untuk mengangsur pinjaman sesuai kesepakatan masih rendah dengan berbagai alasan klasik

Demikian sekelumit serba serbi SPSE Gereja Santa Anna, untuk itu kami mengharapkan partisipasi aktif dan kerjasama dengan Lingkungan dan Wilayah sangat diperlukan untuk membangun semangat untuk meningkatkan Solidaritas Sosial dalam kehidupan menggereja yang makin setia kepada Yesus Kristus.

Sie PSE,
12 Mei 2009

Leave a Reply

You can use these XHTML tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>